Sebelum Jajan Motor Klasik Hasil Restorasi, Perhatikan Hal ini…

0
345
Beli Motor Klasik Restorasi
Perhatikan hal-hal penting seperti surat dan sparepart sebelum membeli motor tua hasil restorasi. Foto: Suzuki

NaikMotor – Biar tidak menyesal, jangan sembarangan beli motor klasik restorasi meski penampilannya memikat. Intip dan pelajari terlebih dahulu tips dari Suzuki mengenai hal yang perlu diperhatikan sebelum jajan motor tua. 

Sebelum membeli motor tua hasil restorasi, ada beberapa langkah yang harus diperhatikan untuk meminimalisir kekecewaan jika unitnya tidak sesuai harapan. Demi membantu Motoris agar tidak salah langkah, Suzuki pun membagikan tips yang dapat dijadikan acuan sebelum beli motor klasik hasil restorasi.

Ini dia beberapa langkah yang harus diperhatikan sebelum jajan motor tua yang telah direstorasi menurut Suzuki:

  • Pahami detail suku cadang asli dengan yang sudah dimodifikasi

Penting bagi Motoris untuk mengetahui detail suku cadang dan perintilan lain yang menjadi bagian komponen sepeda motor. Setidaknya, dengan ini Motoris sudah memiliki pengetahuan mengenai jenis motor yang akan dibeli dan menghindari terkena jebakan dari penjual yang berniat curang.

Meski terlihat sepele, Suzuki ungkap hal ini penting untuk diketahui sebelum membeli motor tua yang karakternya tentu jelas berbeda dengan motor zaman sekarang.

  • Perhatikan kondisi mesin, rangka, dan komponen lainnya

Biasanya, motor tua tentu membutuhkan perawatanan yang lebih serius dan intens. Oleh sebab itu, pastikan Motoris memahami bagaimana kondisi mesin sebelum dibeli. Jangan sampai setelah dibeli ternyata Motoris harus terus menerus merogoh kocek untuk biaya perbaikan.

Coba tes sepeda motornya dan perhatikan tarikan mesin, kondisi ban, serta apakah sparepart stabil. Biasanya, akan lebih sulit untuk mencari salinan sparepart yang digunakan motor tua.

  • Cek kelengkapan surat

Kondisi kelengkapan surat-surat penting untuk ditanyakan, seperti pajak, STNK, juga BPKB. Jangan lupa juga untk mengecek apakah nomor rangka dan nomor mesin sesuai atau tidak.

  • Jangan gegabah dan mudah tergiur karena harga miring

Motor tua adalah barang langka, apabila harganya terlalu murah justru harus diwaspadai karena kemungkinan ada hal minus dari unit tersebut.

  • Usahakan untuk melakukan transaki dengan sistem COD

Untuk menghindari penipuan atau hal yang tidak diinginkan, usahakan untuk bertransaksi secara langsung. COD bisa membuat Motoris bisa melihat langsung unit yang akan dibeli sekaligus meminimalisir hal yang tidak diinginkan.

Itu tadi beberapa langkah yang harus diperhatikan sebelum memberi motor tua hasil restorasi. Jangan mudah tergoda hanya karena motornya tampil menarik dan harga murah, tapi pastikan semua kondisi dan kelengkapannya sudah sesuai dengan yang Motoris inginkan. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*