Agar Tidak Celaka saat Naik Kendaraan Listrik, Intip Tips dari Melotronic ini!

0
Tips Naik Kendaraan Listrik
Biar aman saat berkendara dengan skuter listrik, Melotronic pun membagikan tipsnya. Foto: Segway Indonesia

NaikMotor – Untuk menghindari kelalaian dan kecelakaan saat naik kendaraan listrik, baik itu skuter, otoped, atau sepeda listrik, NaikMotor menyarankan agar Motoris memahami dan mengikuti tips dari Melotronic di bawah ini… 

Meski bisa terbebas dari kemacetan lalu lintas, tetapi pengguna kendaraan listrik juga berpotensi terlibat dalam kecelakaan, lho. Menurut sebuah studi tentang cedera terkait penggunaan e-scooter yang dikutip dari Melotronic, ada lebih dari 80,2% kasus yang disebabkan oleh jatuh.

Dalam kebanyakan kasus, kecelakaan terjadi akibat kelaiaian penggunanya dan bisa juga disebabkan faktor eksternal, seperti motor, mobil, hingga pejalan kaki yang tidak bisa kita kendalikan. Oleh karena itu, alangkah baiknya kita mengoptimalkan keselamatan diri sendiri terlebih dulu.

Nah, ini dia beberapa tips agar tidak celaka saat naik skuter listrik atau kendaraan listrik lainnya menurut Melotronic:

  • Selalu perhatikan jalan

Berskuter ria sambil menikmati pemandangan memang sudah biasa, tapi jangan sampai hal itu membuat Motoris tidak memperhatikan keadaan jalan. Kabarnya, banyak cedera yang seharusnya bisa dihindari jika pengendara EV lebih awas terhadap keadaan lalu lintas.

  • Pegang setang dengat erat

Jangan alihkan fokus ke hal lain, seperti untuk membalas pesan di smartphone. Jangan hanya berkendara dengan satu tangan saat di atas skuter, karena sangat berbahaya mengingat ukuran roda skuter yang kecil. Dengan begitu, ground clearance-nya pun lebih sedikit sehingga mudah goyang saat menghantam lubang atau gundukan.

Jika urgent, hentikan skuter dan tuntaskan pekerjaan dahulu baru melanjutkan perjalanan.

  • Gunakan helm yang tepat

Tidak semua kecelakaan dapat dicegah, oleh karena itu sebaiknya Motoris harus mempersiapkan diri dengan mengenakan peralatan keselamatan, seperti helm yang tepat adalah yang paling penting.

Pastikan helm yang digunakan sudah disertifikasi dan diuji secara menyeluruh. Selain itu, jika helm sudah pernah mengalami benturan hebat, ada baiknya diganti dengan yang baru, ya.

  • Kurangi kecepatan saat berbelok dan menoleh ke belakang

Hal ini menjadi salah satu skenario kecelakaan yang kerap terjadi dan biasanya dilakukan saat ingin berbelok atau pindah lajur. Masalahnya, hal ini bisa menyebabkan hilangnya keseimbangan akibat pergeseran berat badan sewaktu menoleh. Untuk meminimalisir risiko tersebut, maka perlambatlah laju skuter atau kendaraannya.

  • Lakukan inspeksi secara rutin

Meski merupakan kendaraan plug n play, skuter listrik juga butuh perawatan berkala agar performanya tetap terjaga. Berikut ini beberapa inspeksi yang harus dilakukan sebelum berkendara:

    • Cek tekanan ban
    • Cek komponen rem
    • Jika sepeda lipat, cek mekanisme pelipatannya

Inspeksi mendalam juga perlu dilakukan satu atau dua minggu sekali, lakukan hal ini:

    • Cek baut-bautnya – jika longgar, kencangkan!
    • Cek kondisi disc brake
    • Cek kondisi baterai

Memastikan skuter dalam kondisi optimal sangat penting untuk keselamatan pengendara. Jangan lupa juga untuk membaca buku manual agar lebih memahami aspek teknis sepeda.

  • Lengkapi skuter dengan pencahayaan yang baik

Hal ini penting saat riding di malam hari. Jika lampu bawaan kurang terang, ada baiknya untuk menambahkan lampu eksternal dengan tingkat penerangan yang lebih baik. Motoris bisa menempatkan lampu tambahan di sekitar setang.

Sementara itu untuk lampu belakang, terangnya tidak harus seterang lampu depan. Biasanya, lampu belakang bawaan sudah cukup terang, tapi posisinya kurang baik karena letaknya sangat rendah. Solusinya adalah memasang lampu belakang portable yang bisa dikaitkan di tas atau baju.

  • Gunakan kacamata

Umumnya, helm skuter tidak dilengkapi visor. Itu lah sebabnya Melotronic menyarankan Motoris untuk menggunakan kacamata agar mata terlindung dari debu dan serangga saat melaju kencang, serta membantu menghalau silaunya sinar matahari langsung ke mata.

Itu tadi beberapa tips berkendara aman dan nyaman saat naik skuter listrik maupun kendaraan listrik lainnya dari Melotronic. Pastikan untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas, protokol kesehatan, dan memperhatikan kondisi sekitar, ya! (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY