Swedia Sedang Kembangkan Celana Jeans yang Dilengkapi Airbag

0
125
Airbag jeans
Airbag Jeans. Foto: www.airbagjeans.com

NaikMotor – Salah satu anggota konsorsium airbag di Uni Eropa, Airbag Inside Sweden AB, dikabarkan tengah mengembangkan prototipe celana jeans yang dilengkapi dengan airbag.

Jeans dengan kantung udara ini akan melindungi pengendara motor dari kecelakaan, khususnya pada bagian kaki. Terobosan ini diharapkan dapat melengkapi pakaian safety riding yang saat ini sudah ada, misalnya jaket airbag, pakaian balap, hingga rompi.

Sistem airbag jeans ini tidak mengandalkan sensor elektronik, tetapi menggunakan tipe tether. Airbag akan mengembang jika tether terputus dari motor, atau saat pengendara terlempar dari motornya.

Saat ini celana airbag ini baru memasuki tahap awal prototyping, jadi belum ada data mengenai kecepatan kantung udara mengembang. Meskipun celana jeans tersebut dilengkapi kantung udara, namun desainnya masih cukup nyaman digunakan karena terdapat lapisan perbedaan antara celana dengan kantung udara.

Airbag garapa Inside Sweden AB ini nantinya akan diuji untuk bisa mendapatkan sertifikasi UE. Kemudian bahan yang digunakan juga masih sedang disesuaikan, yang pasti bahan tersebut harus tahan abrasi.

Pengembangan airbag jeans ini masih dalam tahap awal, jadi masih sedikit informasi yang bisa disampaikan. Sejumlah data mengenai teknologi airbag ini akan hadir seiring pengembangan lebih lanjutnya. (Dicky/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*