Jaket Airbag Alpinestars Lindungi Eksklusif Pengendara BMW

0

Alpinestars-Tech-Air-Jacket-002

Jerman (naikmotor) – BMW Motorrad, pabrikan sepeda motor yang juga menawarkan perlengkapan berkendara telah menjalin kerjasama dengan Alpinestars mewujudkan sistem airbag pada jacket.Jaket airbag Alpinestars lindungi eksklusif pengendara BMW.

Uniknya, sistem airbag langsung siap secara otomatis ketika jaket tersebut mulai digunakan. Berbeda dengan airbag jacket sebelumnya yang memerlukan pairing elektronik terlebih dahulu dengan sepeda motornya. Bahkan tak perlu melakukan inisiasi apa pun ketika berganti sepeda motor, bahkan dengan bukan produk Motorrad sekalipun.

Sistem yang dinamakan Tech-Air tersebut akan mengembang penuh dalam waktu 0,025 detik, dan butuh 0,03-0,06 detik waktu reaksi ketika mendeteksi potensi kecelakaan. Sistem dilengkapi dengan sensor dan pengolah data yang ditempatkan di bagian punggung jaket. Sistem akan bekerja pada kecepatan 24-90 km/jam.

Untuk operasi mandirinya sistem dilengkapi baterai yang harus di charge selama 25 jam. Dengan kondisi standby selama 100 jam, hingga baterai harus diisi ulang.

Sistem diklaim mampu mendeteksi berbagai kondisi kecelakaan mulai dari tabrakan atau ditabrak dari belakang, serta mampu bekerja dalam berbagai cuaca. Ketika airbag mengembang akan melindungi bahu, punggung hingga pinggang dan dada hingga perut.

Sebelumnya Motorrad pernah bekerja sama dengan Dainese memproduksi jaket airbag pada 2010, tetapi perlindungan hanya sekitar bahu, dan leher. (af/nm)

Alpinestars-Tech-Air-Jacket-001

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here