Biar Gak Gampang Pegal, Begini Postur Berkendara yang Ideal

0
75
Postur Berkendara Ideal
Pastikan postur berkendara ideal demi menghindari pegal-pegal berlebih. Foto: Wahana Honda

NaikMotor – Saat NaikMotor, postur tubuh yang ideal dan sesuai dengan standar berkendara menjadi kunci kenyamanan demi meminimalisir pegal-pegal berlebih. 

Pengalaman berkendara akan terasa lebih berkualitas dan nyaman jika postur tubuhnya baik dan ideal sesuai dengan standar berkendara. Memang postur yang baik saat NaikMotor yang disarankan oleh para ahli itu seperti apa, sih?

Tidak usah repot mencari jawabannya, karena Wahana Honda telah memberikan beberapa contoh posisi yang direkomendasikan saat menunggangi sepeda motor. Ini dia beberapa tips posisi berkendara yang baik dan ideal:

  • Pandangan fokus dan lurus ke depan

Postur pertama yang harus diperhatikan menurut Wahana Honda adalah bagian mata. Pastikan untuk fokus pada jalanan di depan, sehingga jika ada kejadian yang tidak diinginkan secara tiba-tiba Motoris dapat segera mengantisipasinya.

Selain itu, hindari membawa kendaraan sambil menggunakan smartphone karena bisa membahayakan diri sendiri maupun pengguna jalan lain.

  • Kondisi bahu rileks dan punggung tegap

Berkendara harus dilakukan dengan tenang, tidak perlu tegang. Pastikan punggung dalam kondisi tegak karena membungkuk dapat membuat Motoris lebih cepat pegal. Posisi duduk yang tegak lurus juga dapat meminimalisir risiko sakit punggung.

  • Perhatikan kondisi siku tangan

Wahana Honda menyarankan untuk agak menekuk siku, yang bertujuan untuk mengatasi getaran dari motor saat melewati jalan tidak rata agar tidak langsung mengarah ke pundak.

  • Telapak tangan memegang kendali motor secara penuh

Posisi jari-jari juga merupakan salah satu bagian penting yang harus diperhatikan. Pastikan Motoris dapat memegang seluruh kendali motor, mulai dari gas, rem, hingga beragam tombol di kemudi. Pegang erat juga kendali setang motor agar tetap seimbang dan tidak mudah jatuh.

  • Duduk dengan posisi nyaman dan perhatikan postur pinggul

Bagian pinggul bisa lebih cepat pegal jika melewati jalanan yang kurang rata. Bagian satu ini pun disebut lebih sering mengalami cedera, sehingga postur pinggul merupakan salah satu bagian penting yang harus diperhatikan.

  • Perhatikan kondisi lutut

Jika berkendara dengan motor matik atau bebek, pastikan posisi lutut berada di belakang dasbor. Jangan dibuka terlalu lebar karena bis mengganggu pengendara lain dan jangan terlalu sempit karena bisa menimbulkan rasa kurang nyaman saat berkendara.

Lain hal jika berkendara dengan motor gede atau motor yang ber-cc besar. Jika menunggangi moge, posisikan lutut dekat tangki bensin untuk mengurangi risiko kelelahan.

  • Posisi kaki ideal

Baik pengendara maupun pembonceng dapat meletakkan kaki di footstep masing-masing. Bagi pengguna motor non-matik, perhatikan juga penggunaan rem kaki demi menghindari kecelakaan.

Itu tadi beberapa tips berkendara dengan postur tubuh yang ideal. Anjuran dari Wahana Honda di atas dapat menciptakan pengalaman bekendara yang jauh lebih aman dan menyenangkan, serta menghindari risiko pegal-pegal, terkilir, dan lainnya. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*