Ini Alasan Tangki Motor MotoGP Selalu Diberi Penutup Sebelum Balapan

0
56
Tangki Motor MotoGP
Tangki Motor MotoGP diberikan penutup. Foto: Cycle World

NaikMotor – Bagi pecinta MotoGP mungkin sering melihat tangki motor MotoGP yang selalui diberikan penutup sebelum race dimulai. Ternyata itu bukan aksesoris loh, ini fungsi pentinya.

Saat keluar dari paddock, tangki motor MotoGP akan diselimuti hingga berada di starting grid. Hal itu bertujuan menjaga temperatur bensin agar tidak terlalu tinggi, karena biasanya trek balap di beberapa negara memiliki suhu yang cukup panas.

Suhu bensin akan mengalami peningkatan ketika terkena panas dari mesin maupun cuaca. Oleh sebab itu digunakan penutup yang terbuat dari alumunium foil untuk menyerap panas agar bensin yang digunakan tidak berubah tingkat kerapatannya.

Selain menjaga temperatur bensin, penutup tangki ini juga dapat mencegah bensin menguap secara berlebihan. Penguapan tersebut dapat mempengaruhi jumlah bensin. Pasalnya, setetes bensin pada motor balap MotoGP sangat mempengaruhi performa.

Sebagai informasi, pihak MotoGP menetapkan aturan bahwa temperatur bensin tidak boleh kurang dari 15 derajat Celcius dari suhu sekitar saat penyimpanan. Jika suhu disekitar 25 derajat Celcius, maka temperatur bensin minimal 10 derajat Celcius. (Dicky/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*