Wahana: Ini 3 Cara Hemat Bensin Kalau Pakai Motor Matic

0
130
cara hemat bensin
Wahana berikan tips untuk menghemat bahan bakar terutama bagi motor matic. Foto: Pertamina

NaikMotor – Wahana Honda berbagi cara hemat bensin terutama untuk motor matic. Karena ada anggapan motor matic mengonsumsi bahan bakar lebih banyak, sehingga pengeluaran pun bakal meningkat.  

Motor matic digemari banyak pihak karena gampang dioperasikan karena tidak perlu menggunakan persneling, dan lebih murah. Tetapi rupanya menurut Wahana kemudahan tersebut membuat penggunaan bahan bakar lebih banyak. Dengan konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi, otomatis pengeluaranpun akan meningkat.

Untuk mengatasi boros bensin dan menjaga pengeluaran tetap hemat, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kondisi motor dan membuatnya irit bensin. Beberapa caranya adalah sebagai berikut:

  1. Servis berkala
    Motor matic harus dirawat dengan baik penampilan maupun performanya. Perawatan berkala adalah tips dari Wahana agar motor terjaga dan irit bahan bakar. Servis berkala bis adilakukan sekali dalam satu atau dua bulan.Saat motor dibawa ke bengkel, para teknisi akan membersihkan filter angin dan memeriksa sistem pengapian terlebih dulu. Kedua hal tersebut akan menjamin mesin terus bekerja secara optimal. Selain itu, ganti oli juga harus rutin dilakukan. Fungsi oli sendiri adalah untuk mengurangi gesekan pada komponen mesin, sehingga bagian mesin tidak mudah aus serta bisa dipakai lebih lama alias awet. Disarankan memakai oli yang sesuai dengan motor agar bensin juga jadi lebih hemat.
  2. Gunakan bahan bakar beroktan tinggi
    Wahana menyarankan menggunakan bensin dengan oktan tinggi untuk menghemat. Oktan tinggi pada bensin mengindikasikan pembakaran akan lebih baik dibanding yang oktannya rendah. Tetapi, untuk harga biasanya lebih mahal. Jika budget terbatas, cukup beli bensin dengan oktan menengah karena harganya lebih murah, namun pembakarannya cukup baik.
  3. Periksa kondisi ban
    Untuk memeriksa kondisi ban, cukup ditekan untuk mengetahui kondisi tekanan ban, apakah perlu ditambah atau tidak. Jika ingin menghemat bensin, Wahana menyarankan untuk menggunakan nitrogen untuk mengisi angin ban. Pengisian nitrogen sendiri juga mudah ditemui, seperti di pom bensin misalnya. Mesin pengisian nitrogen untuk ban biasanya dilengkapi dengan pengukur tekanan digital sehingga bisa diketahui tekanan optimal pada ban.Menggunakan nitrogen untuk ban motor adalah salah satu tips yang bisa membuat motor matic lebih irit pemakaian bensinnya karena ban jadi lebih ringan. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*