Mau Custom Motor Bergaya Chopper? Segini Biaya yang Diperlukan

0
1014
Biaya Bikin Motor Chopper
Salah satu motor bergaya chopper garapan Kabayan Garage. Foto: Dicky Kurniawan

NaikMotor – Tren memodifikasi sepeda motor saat pandemi justru meningkat dengan berbagai gaya custom, salah satunya chopper. Lantas berapa biaya bikin motor chopper?

Chopper merupakan salah satu gaya modifikasi yang mengubah motor memiliki bodi yang ramping serta gagah. Gaya motor seperti sebenarnya diadaptasi dari model Harley-Davidson, namun beberapa komponen yang dianggap tidak terlalu penting dihilangkan, sehingga tampilannya menjadi lebih ramping.

Mungkin saat ini banyak orang yang ingin memodifikasi motor bergaya chopper, namun masih bingung berapa dana yang dibutuhkan untuk membuatnya. Owner Kabayan Garage Dadan Ramdana menjelaskan bahwa biaya bikin motor chopper mulai dari Rp 20 juta.

“Kalau konsumen kasih mesin ke kita, harganya mulai dari Rp 20 juta. Sedangkan kalau tinggal terima jadi, itu start dari Rp 30 juta. Harganya bergantung pada sparepart yang digunakan, jadi kalau memang mau pakai part yang lebih premium, harganya akan menyesuaikan,” ucap Dadan.

Jika ingin membuat motor bergaya chopper, Dadan menegaskan bahwa motor ini khusus untuk hobi dan gaya, karena motor jenis ini lebih mengedepankan tampilan. Jadi sangat tidak disarankan membuat motor chopper jika tujuannya untuk digunakan sehari-hari.

“Salah satu ciri khas chopper itu dari segi tampilannya. Kalau mau dipakai untuk keseharian, bakalan capek. Soalnya gaya motor ini posisi berkendaranya kurang nyaman,” ujarnya.

Dalam hal pembuatannya, Dadan mengatakan  bahwa semua motor sebenarnya bisa digunakan sebagai basic membuat chopper, namun dengan minimal kubikasi mesin sebesar 125cc. Pasalnya untuk memodifikasi chopper, bengkel custom tidak akan part bawaan dari motor, mulai dari rangka, bodi, sampai ke aksesorisnya diganti.

“Semua motor bisa selagi masih minimal 125cc. Bikin chopper ini kita harus bikin rangka sendiri, tangki baru, dan bodi baru. Memang untuk modifikasi motor jenis ini cuma butuh mesin saja, part bawaan motor tidak akan bisa dipakai,” jelas Dadan. (Dicky/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*