Kabayan Garage, Bengkel Custom Spesialis Bikin Chopper di Kota Hujan

0
904
Kabayan Garage Bogor
Bengkel custom Kabayan Garage Bogor. Foto: Dicky Kurniawan

NaikMotor – Kabayan Garage, bengkel modifikasi di Bogor telah berdiri sejak 2016. Penerapan sistem digitalisasi dalam hal penjualan dan pemanfaatan media sosial menjadi kunci Kabayan Garage Bogor dapat bersaing dengan bengkel-bengkel custom lainnya.

Bengkel custom Kabayan Garage berlokasi di Ciapus, Bogor, Jawa Barat. Meski dikenal sebagai spesialis bikin motor bergaya chopper, namun Kabayan Garage juga menggarap modifikasi motor untuk jenis japstyle, cafe racer, bobber, hingga scrambler.

“Saat ini kita memang sedang banyak mengerjakan motor chopper. Tetapi kita juga garap model lainnya, misalkan japstyle sampai ke gaya scrambler,” kata Owner Kabayan Garage, Dadan Ramdana, kepada NaikMotor, Kamis (24/12/2020).

Kabayan Garage Bogor

Sebelum memutuskan untuk membuka bengkel modifikasi, Dadan yang berlatar pendidikan bisnis, sempat bekerja di salah satu bank swasta. Dirinya akhirnya memilih untuk berhenti bekerja karena ingin menekuni hobinya yang berkaitan dengan dunia otomotif, khususnya kendaraan roda dua.

“Saya dulu kuliah, sambil kerja juga, terus sambil buka bengkel juga. Saya itu suka ikut balap motor, senang oprek motor juga, kemudian saya juga tertarik dengan motor custom. Makanya saya akhirnya buka bengkel ini,” ujarnya.

Dalam merintis bisnis custom motor ini, Dadan mengaku memulainya hanya berdua dengan temannya. Semua pekerjaan motor modifikasi mulai dari nol sampai dengan jadi motor, dadan mengerjakannya berdua. Seiring berjalannya waktu, Kabayan Garage Bogor terus dikenal para pecinta motor custom, sampai akhirnya kini permintaan modifikasi motor di bengkelnya terus mengalami peningkatan.

Kabayan Garage Bogor

“Sekarang kita sudah sekitar 6 karyawan, itu belum termasuk karyawan freelance. Butuh waktu sekitar 4 tahun untuk kita bisa dikenal banyak orang. Kita manfaatin sosial media sebagai media untuk mempromosikan produk dan motor hasil modifikasi kita,” ucap Dadan.

Dalam urusan harga modifikasi motor, Kabayan Garage mematoknya mulai dari Rp 20 juta sampai dengan Rp 35 juta. Harga tersebut disesuaikan dengan part yang digunakan, kemudian basic motor yang digunakan juga mempengaruhi harga.

“Dari kita kasih part yang standar bengkel. Kalau memang konsumen mau minta pakai part lain, harganya ikut menyesuaikan. Biasanya motor dibawah 250cc harganya lebih murah ketimbang motor diatas 250cc,” pungkas Dadan. (Dicky/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*