Pangling, Scrambler Ala XSR700 Garapan SAC ini Berbasis Yamaha MT-25

0
244
Yamaha MT 25 Scrambler
Yamaha MT 25 Scrambler garapan SAC. Foto: SAC

NaikMotor – Bengkel Modifikasi Street Arts Custom (SAC) melakukan ubahan pada naked 2 silinder Yamaha MT 25 yang dicustom bergaya scrambler. Meskipun terbilang sulit untuk memodifikasi model ini, namun tim SAC berhasil mengubahnya dengan tampilan yang mirip dengan Yamaha XSR 700.

Head of Production SAC, Wahyu Hidayat, mengatakan bahwa MT 25 merupakan motor yang cukup sulit untuk dimodifikasi. Pasalnya, motor sport ini punya tampilan yang terlalu modern sehingga banyak orang yang kesulitan untuk memodifikasinya.

Yamaha MT 25 Scrambler

“Sebenarnya MT 25 ini sudah cukup lama dirilis. Namun banyak orang yang masih bingung mau dibuat seperti apa motor ini. Akhirnya kami berinovasi untuk mengubahnya menyerupai XSR 700,” kata Wahyu kepada NaikMotor, Rabu (23/12/2020).

Dalam proses modifikasi MT 25 ini, Wahyu menjelaskan bahwa perlu perhatian khusus dalam membuat tangki baru dan pembentukan sasisnya. Menurutnya, sasis dan tangki bawaan dari MT 25 ini tidak sesuai dengan konsep custom scrambler.

“Tangkinya kita buat ulang untuk menyesuaikan lekukan motor, dan yang paling krusial adalah bagian fuel pump yang dimana kita harus menyesuaikannya dengan tangki barunya. Kemudian rangkanya juga kita rombak lagi, sekitar 60% dari sasis bawaannya,” jelas Wahyu.

Yamaha MT 25 Scrambler

Tidak hanya itu, seluruh eksterior motor seperti bodi, knalpot, spion, speedometer, hingga ke lampu depan dan belakang juga diubah. Seluruh komponen tersebut diubah dengan part aftermarket untuk mendukung tampilan retro.

“Semua part bawaan kita copot terus kita ganti dengan produk aftermarket. Lampu kita pakai Daymaker, spion sempat pakai model konvensional tetapi custom dan ada juga yang model end-bar. Terus untuk lampu sein, lampu utama, dan lampu belakang kita pake full LED,” ucap Wahyu.

Kemudian untuk setangnya menggunakan model fatbar yang memberikan kenyamanan posisi berkendara. Jok dan knalpot menggunakan produk buatan SAC Product dan terakhir, bannya menggunakan Shinko Big Block pelek 17″ berukuran 130 untuk bagian depan dan 150 untuk bagian belakang.

“Kita ubah semua part bawaan yang notabenenya bergaya sport menjadi menjadi lebih klasik. Aura scrambler dari MT 25 ini keluar dari penggunaan ban, setang, dan knalpot,” kata Wahyu.

Yamaha MT 25 Scrambler

Untuk memodifikasi Yamaha MT 25 Scrambler ala XSR 700 ini, konsumen harus menyiapkan dana sebesar Rp 42 juta. Dengan catatan, semua part yang digunakan merupakan premium part yang memang sudah dipilihkan oleh tim SAC.

“Itu untuk part standar harganya sekitar Rp 42 juta. Tapi kalau konsumen mau menggunakan part yang lain, misalkan shockbreaker dari Ohlins, itu akan dikenakan biaya tambahan,” pungkas Wahyu. (Dicky/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*