Biar Aki Motor Lebih Awet, Aplikasikan Tips dari Astra Motor ini…

0
242
aki motor awet
Astra Motor membagikan beberapa tips untuk menjaga keawetan aki sepeda motor. Foto: Astra Motor

NaikMotor – Sebagai salah satu komponen sepeda motor yang paling penting, aki motor tentunya juga harus dirawat dan diperhatikan agar berumur panjang dan awet. 

Aki yang berfungsi sebagai penyuplai aliran listrik dan memiliki 2 macam jenis, yaitu basah dan kering ini juga harus mendapatkan perhatian dan perawatan agar awet karena aki memegang peranan penting di kendaraan.

Agar aki bisa awet, Astra Motor pun membagikan beberapa tips yang bisa membuat aki tetap sehat dan bekerja dengan maksimal. Tips perawatan aki pertama dari Astra Motor adalah memanaskan motor setiap hari. Meski tidak dipakai, motor sebainya tetap dinyalakan agar komponen yang mendukung kelistrikan tetap dalam kondisi baik.

Kedua, cek terminal aki dan dibersihkan. Jika tidak dibersihkan, kedua terminal aki bisa berkerak dan penyaluran energi pun tidak maksimal. Terminal aki yang kotor juga bisa memicu aku jadi lebih cepat soak.

Tips selanjutnya yaitu cek ketinggian air aki. Mengecek dan mengisi air aki kabarnya kerap dilupakan, padahal sangat berpengaruh terhadap performa motor. Kemudian, yang terakhir, disarankan untuk menghindari penggunaan aksesori berlebihan pada motor. Aksesori berlebihan yang menggunakan energi listrik antara lain seperti lampu lain sebagai hiasan, perangkat audio rakitan, serta tipe klakson motor diubah jadi melebihi batas yang dianjurkan.

Itu tadi beberapa tips dari Astra Motor untuk membuat aki motor tetap dalam performa yang baik dan berumur panjang. Jangan lupa untuk selalu cek dan ricek sebelum berkendara untuk meminimalisir kerugian saat di jalan, seperti ban bocor, bensin habis, dan sebagainya. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*