Aki Soak dan Ingin Ganti Sendiri? Ini Dua Langkah Mudahnya…

0
231
Aki Motor
Mengganti aki motor di skuter matik bukan sesuatu yang baru. Meski demikian tetap ada tata cara untuk melepas dan memasang aki dengan benar. Foto: Gilang

NaikMotor – Ganti aki motor skuter matik mungkin sepele bagi sebagian orang, tetapi untuk yang baru ingin mencoba, perhatikan cara atau langkah-langkahnya di bawah ini untuk meminimalisir hal berbahaya, seperti percikan arus listrik misalnya. 

Accu alias aki berfungsi untuk memenuhi kebutuhan kelistrikan kendaraan bermotor. Untuk jenisnya, saat ini ada dua jenis aki yang beredar di pasaran, yaitu aki kering (Maintenance Free atau MF) dan aki basah. Meski berbeda jenis, keduanya sama-sama memakai cairan elektroda. Hanya saja, untuk aki kering bebas perawatan, jadi bisa dipakai sampai rusak dan nanti diganti dengan yang baru.

Jika ingin mengganti aki dengan melepas dan memasangnya sendiri, ada dua cara atau langkah yang harus dilakukan dan diperhatikan dengan baik, jika kurang benar dan aki belum mati total, maka bisa percikan api, jangan lupa pekerjaan memasang aki motor biasanya dekat dengan tangki atau saluran bahan bakar.

Aki Motor

Pertama, jika tempat aki pada motor sudah terpampang, maka buka kutub negatifnya terlebih dahulu, baru selanjutnya kutub positif. Baut kutub positif memiliki tutup karet berwarna merah, sementara untuk baut kutup negatif pada aki biasanya langsung terbuka.

Kutub negatif yang dibuka lebih dulu berguna untuk meminimalisir terjadinya percikan listrik. Jika kutub positif dibuka pertama dan aki masih memiliki daya yang cukup, dikhawatirkan nantinya bisa menimbulkan percikan api.

Nah, lanjut ke tahapan cara yang kedua, saat ganti aki selesai dan ingin memasang bautnya kembali, lakukan step di atas secara terbalik. Pasang kutub positif terlebih dulu, baru pasang yang kutub negatif. Meski berbeda, tapi tujuannya rupanya sama, lho, yaitu untuk mengurangi resiko percikan api.

Cukup sederhana kan langkahnya? Jangan lupa untuk selalu berhati-hati, ya. (Litha/Prob/NM) 

Cara Ganti Aki

LEAVE A REPLY

*