First Ride All New Honda Scoopy, Lincah dan Galak Tarikan Atasnya

0
149

NaikMotor – All New Honda Scoopy baru saja resmi diluncurkan. Selain desainnya yang fashionable, penggunaan rangka (frame) dan mesin baru membuat skutik ini lincah dan galak tarikan atasnya.

PT Astra Honda Motor baru saja meluncurkan generasi kelima keluarga Scoopy. Pada edisi ini, All New Scoopy hadir dengan 4 varian dan 8 warna. Kesemuanya tetap mengusung desain fashionable namun juga elegan.

Perubahan signifikan terlihat saat akan memulai first ride, unit yang kami coba adalah tipe tertinggi yang sudah mengusung keyless system. Terdengar suara yang halus saat mesin mulai dinyalakan berkat mesin baru 110 cc yang sudah mengusung teknologi eSP.

Mesin yang digunakan sama persis dengan skutik Genio dan BeAT terbaru, sama-sama mengusung teknologi eSP namun settingan ECU-nya berbeda satu sama lainnya.

“Mesin yang digunakan memang sama dengan Genio dan BeAT, namun settingan ECU-nya berbeda-beda agar masing-masing mempunyai karakter yang berbeda juga,” ungkap Endro Sutarno selaku Technical Service Division AHM.

Memasuki lahan pengetesan yang berlokasi di Astra Saftey Riding Delta Mas terdapat jalanan yang sengaja dibuat banyak belokan. Tak sulit menaklukan setiap tikungan dengan dukungan rangka baru (eSAF) yang diusung. Motor terasa enteng dan lincah melewati setiap tikungan yang ada.

Namun, saat melaju di trek lurus tarikan bawah terasa agak berat, namun setelahnya mulai terasa kinerja mesin yang reponsif. Masih bisa dimaklumi, sebab All New Scoopy ini lebih mengedepankan style atau desain serta fitur. Selain itu juga peruntukkanya untuk aktifitas sehari-hari.

Oh ya, pada bagian speedometer selain tampilannya elegan juga mudah terlihat meski saat pengetesan sinar matahari cukup terik. Sedangkan pada bagian kaki-kaki cukup nyaman untuk melibas tikungan maupun saat melewati jalanan yang ada speedtrapnya.

Jadi, menurut kami All New Honda Scoopy cocok untuk aktifitas sehari-hari, utamanya untuk kaum millenial yang ingin tampil beda. Desain yang apik serta elegan dipadukan dengan teknologi mesin eSP, rangka eSAF serta beberapa fitur baru seperti keyless system dan charging yang ada di console boks, skutik ini patut dipinang. (Daus/Prob/NM).

Berikut spesifikasi All New Honda Scoopy:

Dimensi
Panjang x Lebar x Tinggi 1.864 x 683 x 1.075 mm
Jarak Sumbu Roda 1.251 mm
Ground Clearance 145 mm
Tinggi Tempat Duduk 746mm
Berat Kosong 95 kg / 94 kg (tipe Smart Key)
Kapasitas Tangki 4,2 liter
Mesin
Tipe Mesin 4-Langkah, SOHC, eSP
Tipe Pendingin Pendingin Udara
Sistem Suplai Bahan Bakar PGM-FI
Volume Langkah 109,5 cc
Daya Maksimum 9 hp /7.500 rpm
Torsi Maksimum 9,3 Nm / 5.500 rpm
Tipe Transmisi Otomatis, V-Matic
Tipe Starter Elektrik & Kick Starter /
Elektrik (Tipe Smart Key)
Tipe Kopling Otomatis, Sentrifugal, Tipe Kering
Kapasitas Oli Mesin 0,65 liter (Penggantian Periodik)
Rangka
Tipe Rangka Underbone-eSAF (enchaned
Smart Architecture Frame)
Ukuran Ban Depan 100/90 – 12 59J (Tubeless)
Ukuran Ban Belakang 110/90 – 12 64J (Tubeless)
Tipe Rem Depan Cakram Hidrolik, Piston Tunggal
Tipe Rem Belakang Tromol
Sistem Pengereman Combi Brake System
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Lengan Ayun Dengan Peredam
Kejut Tunggal
Kelistrikan
Sistem Pengapian Full Transisterized
Tipe Baterai/Aki MF 12V-5Ah
Tipe Busi NGK MR9C-9N

 

LEAVE A REPLY

*