Visor Helm Bisa Minimalisir Risiko Kecelakaan, Apa Benar?

0
25
visor helm
Wahana Honda ungkap beberapa risiko bahaya jika berkendara tanpa menggunakan kaca pelindung helm. Foto: Wahana Honda

NaikMotor – Helm merupakan barang wajib saat berkendara, tapi kabarnya, helm tanpa visor bisa menyebabkan risiko bahaya. Wahana Honda pun memberikan contoh beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan dari penggunaan helm tanpa kaca pelindungnya. 

Benda yang berfungsi untuk melindungi kepala dari benturan ini tidak bisa asal pemakaian atau pemilihannya, tetapi sebaiknya sesuai dengan standar berkendara yang ada. Beragam risiko bisa terjadi jika helmnya tidak seperti yang direkomendasikan, atau mungkin tidak memiliki visor.

Terdengar sepele, namun rupanya helm tanpa visor bisa menyebabkan bahaya juga, lho. Ini contoh beberapa bahaya yang bisa terjadi seperti yang diinformasikan oleh Wahana Honda:

  • Mudah kelilipan benda asing

Visor sendiri berguna untuk menangkal debu, kotoran, hingga hewan-hewan kecil yang berterbangan di jalan agar tidak masuk ke area mata. Jika helm yang dikenakan tidak memiliki kaca pelindung, maka risiko mata kemasukan benda asing pun makin besar.

Jika sampai terjadi, pengelihatan Motoris bisa terganggu dan bisa menyebabkan kehilangan kendali atas motor, sehingga dikhawatirkan menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

  • Mata mudah silau dan terganggu pengelihatannya

Visor juga berfungsi untuk menangkal sinar UV agar tidak mengganggu pengelihatan saat cuaca panas terik. Sinar UV juga dikabarkan bisa merusak pengelihatan jika dibiarkan terus menerus, lho.

  • Kehilangan konsentrasi dan kendali

Jika mata kemasukan benda asing atau silau, dikhawatirkan Motoris secara otomatis mengucek mata atau memicingkan mata yang ditakutkan bisa berakibat fatal jika kendali setang motor kurang kuat dan tidak stabil.

Risiko jatuh hingga menabrak objek lain paling sering terjadi. Sehingga, untuk mencegahnya, alangkah lebih baik untuk mengenakan helm yang dilengkapi kaca pelindung dan sudah SNI.

Bagaimana jika Motoris merupakan penggemar atau pengguna helm bergaya retro yang tidak memiliki kaca pelindung? Tidak usah khawatir, Motoris bisa mengatasinya dengan menggunakan kacamata pelindung atau goggle, sehingga akan turut meminimalisir risiko-risiko di atas. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*