Wahana: Ini Cara Efektif Cegah Pencurian Sepeda Motor

0
41
cegah pencurian motor
Cegah pencurian sepeda motor dengan kiat-kiat dari Wahana Honda. Foto: Wahana

NaikMotor – Wahana Honda membagikan tips cara efektif untuk cegah pencurian sepeda motor. Curanmor sendiri merupakan salah satu tindakan kriminal yang sayangnya cukup sering terjadi. Entah di lahan parkir terbuka atau bahkan di rumah, kendaraan bermotor anda bisa saja diintai. 

Pelaku curanmor kerap melancarkan aksinya saat pengendara lengah, misal, ketika motor dihentikan di pinggir jalan tanpa mencabut kunci, atau bahkan sudah dikunci sekalipun. Untuk menghindari risiko pencurian motor, Wahana pun menyarankan beberapa hal yang cukup efektif dalam mencegah curanmor.

Pertama, disarankan untuk mengunci stang ke arah kanan karena terbukti lebih aman. Hal ini membuat ruang gerak untuk membobol kontak motor dengan kunci T jadi terbatas dan tidak leluasa, sehingga pencuri pun membutuhkan waktu yang lama untuk membobolnya.

Kedua, hindari meninggalkan motor di pinggir jalan. Memarkirkan motor di tepi jalan terbuka rupanya sangat rawan pencurian. Jika memang harus berhenti, jika berkendara dengan teman, tentu bisa dititipkan padanya, namun jika berkendara sendiri, akan jauh lebih baik jika mencari spot yang lebih aman untuk berhenti.

Ketiga, pasang pengaman tambahan seperti gembok cakram. Dengan melakukan anjuran ini, pelaku pencurian akan mengalami kesulitan untuk membawa pergi kendaraan anda. Aksesori pengaman atau tambahan perangkat eksternal seperti ini bisa dijumpai di toko otomotif maupun online.

Keempat, gunakan alarm. Beberapa motor keluaran terbaru sudah dibekali dengan fitur ini, namun jika belum ada, tidak perlu khawatir karena alarm motor bisa dipasang sendiri maupun dengan pertolongan dari mekanik bengkel. Alarm motor juga bisa dengan mudah didapatkan di pasaran.

Kemudian, jika pergi ke Mall, sebaiknya taruh kendaraan di lahan parkir di dalam. Meski biaya parkir jauh lebih tinggi, tapi akan lebih aman dibanding parkir di luar.

Itu dia beberapa cara efektif untuk cegah pencurian sepeda motor yang bisa dilakukan. Jangan lupa untuk tetap melakukan pengawasan dengan baik dan jangan meletakkan motor sembarangan demi mencegah hal yang tidak diinginkan. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*