Wahana: Ini 11 Isyarat Tangan yang Patut Diketahui Pecinta Touring

0
40
Isyarat Tangan Bikers
Ternyata gerakan tangan para bikers ada maknanya, lho. Ini dia penjelasannya dari Wahana Honda. Foto: Istimewa

NaikMotor – Saat touring, biasanya sang pemimpin kerap menggerakkan tangan guna memberikan isyarat tangan kepada anggota di belakangnya. Apa saja sih isyarat yang biasa digunakan para pemotor

Gerakan tangan yang dilakukan para pemotor atau bikers di barisan biasanya memiliki tujuan khusus. Bukan bermaksud sok-sokan, lebay, atau sombong, isyarat tangan dari pemimpin touring memang memiliki arti khusus yang biasanya sudah diketahui dan dipahami bikers lain di belakangnya .

Agar tidak salah kaprah dan ikut memahami arti gerakan tangan saat touring, Wahana Honda memberikan contoh-contoh isyarat yang biasanya dilakukan saat sedang menggelar aktivitas bermotor yang dilakukan secara berkelompok.

Ini dia 11 isyarat atau gerakan tangan bikers dan artinya yang biasa dilakukan saat touring:

  • Belok kiri

Untuk mengumumkan kepada bikers di belakang saat akan berbelok kiri, biasanya, selain lampu sein, pemimpin akan menjulurkan tangan lurus ke arah samping kiri dan telapak tangannya dalam posisi terbuka dengan mengarah ke bawah dan semua jari mengatup.

  • Belok kanan

Berbeda dari belok kiri, tanda untuk belok kanan adalah dengan menekuk siku tangan sebelah kiri sampai 90° lalu kepalkan permukaan tangan dengan mengarah ke langit sebagai tanda.

  • Berhenti

Tanda yang bisa dilakukan untuk mengisyaratkan berhenti bisa dilakukan dengan cara membuat gerakan menekuk lengan sampai dengan 90°, dengan telapak tangan terbuka dan jari-jari menghadap bawah/jalanan.

  • Mempercepat laju

Tanda perintah agar para anggota mempercepat laju kendaraan biasanya adalah dengan merentangkan lengan tangan kiri dengan posisi sedikit ke bawah, serta telapak tangan terbuka ke atas. Lalu secara perlahan ayunkan lengan dengan posisi tetap ke arah atas atau sejajar bahu.

  • Memperlambat laju

Kebalikan dari isyarat untuk menambah kecepatan, untuk memperlambat laju rombongan, caranya dalah dengan merentangkan lengan kiri dengan posisi telapak tangan menghadap bawah dan ayunkan dari posisi sejajar baju menuju arah jalan.

  • Ikuti pimpinan rombongan

Gerakan untuk menginformasikan rombongan agar mengikuti motor terdepan adalah dengan menjulurkan tangan kiri ke depan, telapak tangan terbuka menghadap luar dan angkat sampai di sebelah telinga.

  • Memerintah pengganti penanda jalan

Saat orang terdepan atau yang memimpin perjalanan merasa capek, lupa, atau tidak tahu jalan yang akan diganti, maka bisa berganti posisi dengan yang mengetahui medannya. Cara berganti posisi tanpa harus menghentikan kendaraan adalah dengan memposisikan motor dengan motor yang dianggap patut untuk berada di depan dan memimpin, serta buat tanda tangan menunjuk dari posisi motor bersangkutan ke arah depan terus menerus.

  • Tanda 2 in 1

Tanda ini merupakan gerakan untuk memberitahukan jalanan berbahaya di sebelah kiri atau kanan. Cara melakukannya adalah bila jalanan berbahaya ada di kanan, maka julurkan lengan dengan jari telunjuk mengarah ke arah kiri dan kaki kanan merentang ke depan. Begitu pula jika jalanan berbahayanya ada di kiri.

  • Menepi perlahan

Untuk menepi bisa dilakukan dengan menjulurkan lengan kiri sejajar dengan paha dan telapak tangan menggenggam. Setelah itu, gerakkan naik-turun secara perlahan sampai menemukan atau mendekati tempat berhenti.

  • Tanda ada polisi

Untuk memberi tahu bikers di belakang kalau ada kegiatan polisi di jalan, seperti razia atau sejenisnya dilakukan dengan menepuk bagian atas helm yang dikenakan dengan telapak tangan kiri.

  • Berhenti di SPBU untuk mengisi BBM

Untuk berhenti di SPBU dan mengisi bahan bakar, tanda yang bisa diberikan adalah lewat melakukan gerakan yang menunjuk tangki bahan bakar menggunakan jari tangan kiri. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*