Siap-Siap Memasuki Musim Hujan, Jangan Beli Jas Hujan Model ini Karena Berbahaya

0
56
Menggunakan Jas Hujan
Memilih dan menggunakan jas hujan ada syarat keselamatan berkendara juga. Foto: istimewa

NaikMotor – Sudah mulai memasuki musim penghujan, tentunya jas hujan baik yang model ponco maupun setelan menjadi salah satu peralatan tempur para Motoris yang harus selalu siap sedia di motor. Tetapi, rupanya ada model jas hujan yang sebaiknya dihindari, lho. 

Meski ringkas dan nyaman, Wahana menyebutkan bahwa jas hujan model ponco itu berbahaya lho Motoris. Wahana juga tak segan untuk menyarankan pemilik jas hujan ponco untuk segera membeli jas hujan setelan. Kenapa ya? Seberbahaya apa memangnya?

Penasaran kan sama kemungkinan risiko yang bisa terjadi kalau menggunakan jas hujan model ponco? Yuk simak penjelasan dari Wahana Honda di bawah ini:

  • Desainnya berbahaya

Jas hujan model ponco memiliki desain yang lebar, sehingga dikhawatirkan bisa nyelip ke roda motor. Kalau sampa masuk ke sela-sela roda, nantinya rantai, gear, dan roda bisa terhambat alias ngadat.

  • Membuat penggunanya jadi tambah basah

Walau bentuknya lebar, tapi kurang efektif dalam menghalau hujan, sehingga bisa saja tetap atau malah semakin basah kuyup karena ada banyak celah air untuk masuk karena tidak ada perekat, seperti kancing atau resletingnya misalnya.

  • Bisa mengganggu keseimbangan

Lagi-lagi karena lebarnya bentuk dan tidak memiliki perekat, jas hujan ini bisa malah menggembung sewaktu hujan karena angin yang masuk. Nah, kondisi itu bisa berbahaya bagi keseimbangan Motoris sewaktu NaikMotor.

  • Membatasi kemampuan berkendara

Karena modelnya, jas hujan satu ini bisa malah jadi penampungan air waktu NaikMotor saat hujan. Hal itu bisa menggangu konsentrasi, otomatis meningkatkan risiko yang berbahaya juga.

Wahana merekomendasikan Motoris untuk memilih jas hujan model setelan saja yang terdiri dari jaket dan celana untuk dipakai saat hujan. Model ini dinilai aman karena tidak akan menghambat pergerakan tangan, kepala, kaki, dan anggota tubuh lain saat berkendara.

Pastikan juga memilih jas hujan setelah dengan warna yang terang, dan bahannya bisa memantulkan cahaya di bagian punggungnya. Disarankan memilih yang bisa memantulkan cahaya karena saat hujan, dikhawatirkan jarak padang terganggu, sehingga cahaya dari pantulan jas hujan bisa menyelamatkan nyawa Motoris maupun pengguna jalan lainnya. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*