Ini yang Harus Diperhatikan Pemotor Sebelum dan Sesudah Berkendara

0
16
Jaga Diri Bikers
AHM beri contoh cara menjaga diri sebelum dan sesudah berkendara bagi para bikers. Foto: Istimewa

NaikMotor – Belum meredanya pandemi Covid-19 membuat bikers harus lebih jaga diri sendiri dan sesamanya. AHM pun mencontohkan beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum dan sesudah berkendara. 

Saat ini, masyarakat dianjurkan untuk tetap #dirumahaja dan pergi ketika memang diperlukan. Di tengah pandemi, bikers maupun masyarakat lainnya harus lebih mawas dan jaga diri terlebih lagi saat akan berpergian atau berkendara.

AHM pun memberikan beberapa contoh hal yang wajib diperhatikan sebelum berkendara yang patut diperhatikan dan dilakukan demi kenyamanan dan keamanan bersama. Pertama, pastikan kepentingannya. Cek apakah riding yang akan dilakukan memang penting atau bisa diundur ke lain waktu.

Kedua, perhatikan dan patuhi regulasi yang ada pada lokasi yang akan dituju, misal apakah lokasi tersebut masuk zona hijau atau malah zona merah. Ketiga, pastikan kesehatan diri sendiri, apakah badan dalam kondisi fit atau malah sedang sakit. Lalu keempat, jika akan berpergian, gunakan helm dengan visor untuk menghindari paparan langsung ke muka, dan kelima, pilih rute yang tidak terlalu padat.

Selain persiapan berkendara di atas, Motoris juga harus memperhatikan hal-hal lainnya saat di jalan nanti, seperti emosi yang harus dikontrol, memahami karakteristik pengguna jalan lain, seperti pesepeda contohnya, lalu prediksi bahaya karena situasi jalan yang mungkin lebih sepi, menjaga jarak dengan pengguna jalan lain, menggunakan uang elektronik/digital atau uang pas, dan terakhir siapkan serta bawa perlengkapan makan dan makanan sendiri.

Terakhir, ada hal-hal yang juga harus diperhatikan dan dilakukan setelah berkendara, yaitu lebih sering mencuci riding gear, membersihkan bagian-bagian motor yang sering terkena kontak, mandi atau membersihkan diri setelah berpergian sebelum berinteraksi dengan keluarga, dan terakhir pastikan istirahat yang cukup agar imun tubuh selalu terjaga. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*