Tips Aman Mengendarai Motor Berkopling Saat Menemui Tanjakan dan Turunan

0
224
Foto: Istimewa

NaikMotor – Mengendarai sepeda motor bertransmisi manual atau motor berkopling memang mempunyai sensasi yang berbeda. Namun, jika menemukan jalan tanjakan atau turunan diperlukan kebiasaan yang benar agar aman melaluinya.

Sepeda motor berkopling identik dengan sportbike yang gagah dan macho. Namun yang menjadi masalah adalah mengendarai sepeda motor berkopling tidak semudah mengendarai motor bebek atau matik, apalagi saat menemukan kontur jalan yang menanjak atau menurun.

Nah, agar aman saat melaluinya, yuk simak tips menggunakan motor berkopling saat di tanjakan dan turunan dari Wahana Honda.

Jalan menanjak

  • Jaga kecepatan agar tidak turun, modal awal menaiki tanjakan adalah kecepatan yang stabil dan cenderung semakin tinggi.
  • Pastikan persneling ada diposisi yang tepat, umumnya di gigi 3. Jangan masukkan gigi lebih dari 3 karena persneling yang besar gak akan kuat untuk mendorong motormu dari tanjakan. Namun jika dirasa kecepatan melambat segera pindah ke gigi 2 agar tenaga mesin tetap terjaga.
  • Jika masih dirasa tidak kuat untuk menanjak, segera oper ke gigi 1. Ingat, pastikan di gigi 1 jangan sampai salah oper ke gigi netral. Bukannya menanjak, yang terjadi motor malah mundur.

Jangan menaikkan gigi persneling

Ada beberapa larangan tentang cara mengendarai motor kopling di tanjakan. Salah satunya adalah mengoper persnelingmu ke gigi yang lebih besar. Walaupun dalam kecepatan yang tinggi, hal ini tidak dianjurkan untuk dilakukan. Ditakutkan motor akan kehilangan daya dorong, dan membuat pengendara panik sehingga motor mati di tengah perjalanan.

Selain itu tidak disarankan untuk mendahului pengendara lain pada tanjakan, kecuali pengendara tersebut berjalan sangat pelan dan memang layak untuk disalip.

Octane booster menjadi andalan petouring Journalist Otojourney 2019

Tanjakan sudah, saatnya turunan

Ketika sudah melalui tanjakan, riders juga harus tau bagaimana cara mengendarai motor kopling di turunan.

  • Gunakan engine brake untuk membantu pengereman
  • Gunakan persneling 3 untuk kenyamanan dalam turunan
  • Waspada akan adanya gang dan potensi keluar masuknya kendaraan dari samping

Ajak yang sudah berpengalaman

Last but not least, jika dirasa masih pemula, riders harus diawasi oleh seseorang berpengalaman yang kamu bonceng. Biarkan dia yang memandu kamu supaya tidak ada step – step yang salah saat berkendara motor berkopling.

Cara mengendarai motor kopling sendiri sebenarnya sangat mudah. Kamu hanya harus membiasakan tangan kirimu untuk melepas kopling di saat yang benar. Nah, kapankah saat yang benar untuk melepas kopling? Akan lebih mudah jika kamu menggunakan intuisi saat kamu sudah menaiki motormu. Dengan melatih intuisi dan feelingmu, kamu gak akan kesulitan mengendarai motor dengan transmisi manual manapun. (Daus/Prob/NM).

LEAVE A REPLY

*