BMW Kembangan Rantai M Endurance yang Tak Perlu Perawatan Kompleks

0
35
rantai motor bmw
BMW kembangkan rantai motor tahan aus yang tidak memerlukan banyak perawatan. Foto: Web Bike World

NaikMotor – BMW dikabarkan sedang dalam tahap pengembangan rantai motor tahan aus yang tidak memerlukan perawatan, yaitu M Endurance. Rantai motor ini umumnya sama dengan yang lain, tapi memiliki beberapa perbedaan signifikan. 

Rantai yang sedang dikembangkan BMW ini perbedaannya terletak di roller dan pin di antara X-Ring yang berfungsi untuk menahan busing berpelumas kering dalam roller. Bagian dalam rollernya juga dilapisi dengan pelumas kering yang sama, sehingga setelah rantai disetel, hanya perlu disesuaikan sebentar saja.

Wujud perkembangan rantai M Endurance ini juga berasal dari pelumasnya sendiri, yang bernama Tetrahedrally Amorphous Carbon alias ta-C yang lebih familiar disebut sebagai intan industri.

rantai motor bmw
Foto: Web Bike World

Intan atau berlian industri ini sangat keras dan memiliki ketahanan aus terbaik dari semua zat yang sudah diketahui. Menurut situs Web Bike World, zat intan ini berada di antara Diamond-Like Carbon (DLC) dan berlian mentah murni dalam hal kekerasannya.

Bahan ini sangat tahan aus. Jika dibandingkan dengan sistem rantai baja, lapisan logam internal roller tidak luntur, bahkan berada di bawah tekanan ekstrim seperti track riding. Ta-C juga sangat tahan panas, bisa melewati gesekan atau panas lingkungan sepeda motor dengan baik.

Jenis rantai motor ini untuk sekarang tersedia dalam 525 pitch untuk BMW S 1000 RR 4 silinder dan S 1000 XR. BMW pun memungkinkan teknologi ini turut disisipkan di model lain karena masih dalam tahap pengujian dan pengembangan lebih lanjut. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*