Fitur Baru Yamaha MT-07 dan MT-09 2020, Diadopsi dari MotoGP

0
137
Fitur MT-07 dan MT-09
Hadir dengan 3 pilihan warna, MT-07 dan MT-09 juga dilengkapi dengan berbagai fitur dan teknologi terbaru. Foto: Istimewa

NaikMotor – Untuk melengkapi MT-Series, Yamaha meluncurkan dua motor CBU baru mereka, yaitu MT-07 dan MT-09 2020 Kamis (27/08/2020) lalu dengan beragam fitur unggulan. Motor “Made in Japan” ini akan memanjakan pengendaranya lewat teknologi terkini yang disisipkan dalam motor tersebut. 

Kedua motor dari MT Series ini hadir dengan mesin yang dibangun berbasis teknologi “Crossplane Crankshaft Concept” yang akan menghasilkan tenaga dan performa maksimal. MT-09 sendiri dilengkapi pula dengan fitur dan teknologi D-Mode, Assist & Slipper Clutch, Quick Shift System (QSS), Traction Control System (TCS) dan YCCT (Yamaha Chip Controlled Throttle) yang menjadikan motor memiliki kemampuan dapat menyesuaikan dengan keinginan riding pengendara.

Berikut ini beberapa fitur dan teknologi yang dimiliki MT-07 dan MT-09:

  • Crossplane Crankshaft (MT-07 dan MT-09)

Teknologi ini diadopsi dari teknologi dari motor Yamaha MotoGP, YZR-M1. Konstruksi crossplane pada MT-09 adalah jarak crank pin 120°, sedangkan MT-07 270°. Crossplane crankshaft berfungsi untuk membuat interval pembakaran dalam mesin jadi lebih dekat, sehingga meminimalisir daya inersia. Daya inersia sendiri adalah daya yang terjadi setelah pembakaran, sehingga torsi pembakaran dan torsi kombinasi (torsi yang diteruskan ke roda belakang) menjadi linear. Power yang selaras putaran throttle nantinya mampu menghasilkan performa dan akselerasi maksimal.

  • D-Mode (MT-09)

Fitur ini akan membuat pengendara leluasa memilih karakter performa mesin yang diinginkan. Ada 3 mode berkendara yang letaknya di tombol pada setang kanan. Mode berkendaranya sendiri adalah:

  1. Mode Standard yang sesuai untuk berbagai kondisi jalan
  2. Mode A untuk mendapatkan respon mesin yang lebih sporty/cepat pada rpm rendah sampai medium dibandingkan Mode Standard
  3. Mode B untuk respon yang lebih lembut dibandingkan Mode Standard
  • YCCT (Yamaha Chip Controlled Throttle) (MT-09)

Fitur ini berfungsi untuk mengatur jumlah udara yang masuk ke mesin lebih presisi atau sesuai kebutuhan agar performa maksimal.

  • Quick Shift System (QSS) (MT-09)

QSS disematkan pada MT-09 untuk membuat akselerasi lebih cepat, agar perpindahan gigi (shifting-up) lebih mudah tanpa perlu mengoperasikan tuas kopling.

  • Assist & Slipper Clutch (MT-09)

Fitur Assist yang terdapat di MT-09 ini membuat pengoperasian kopling jadi sangat ringan, sehingga pengendara bisa mengoperasikan kopling dengan nyaman. Sedangkan Slipper Clutch berfungsi untuk mencegah torsi balik ke mesin dari roda belakang saat deselerasi (perlambatan kecepatan).

Fitur Assist & Slipper Clutch juga membuat pengendara lebih percaya diri saat melakukan down shift (menurunkan gigi) secara cepat saat memasuki tikungan.

  • Traction Control System (TCS) (MT-09)

Disisipkan di MT-09, sistem ini dirancang untuk mengurangi resiko ban belakang selip di segala situasi permukaan jalan pada saat akselerasi.

  • Antilock Braking System (MT-07 dan MT-09)

Motor akan semakin aman dan stabil saat pengereman karena daya remnya dibuat maksimal berkat sistem ABS tersebut.

  • Upside Down Suspension Full Adjustable (MT-09)

Suspensi Upside Down Full Adjustable ini akan memberikan handling yang lebih sempurna, motor lebih stabil, dan terlihat semakin gagah saat berkendara.

Memiliki 3 varian warna, yaitu Ice Fluo, Icon Blue, dan Tech Black, MT-07 dibanderol dengan harga OTR Jakarta Rp 243.000.000 dan MT-09 2020 Rp 290.000.000. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*