Pahami 4 Kode Dasar ini Saat Touring Bersama Agar Lancar

0
122
4 Kode Dasar
Kode dasar berbelok saat touring. Foto: istimewa

NaikMotor – Saat touring bersama, baik teman atau komunitas perlu komunikasi yang ringkas agar semua paham. Ada 4 kode dasar saat touring yang perlu dipahami agar berjalan lancar.

Touring harus dengan persiapan baik pribadi maupun motor. Sepanjang perjalanan pun selain aturan lalu lintas yang harus dipatuhi ada etika dan norma yang wajib diikuti. Tentunya perlu ditunjuk seorang road captain sebagai pemimpin dan sweeper sebagai penjaga lini belakang.

Selain itu, dalam perjalanan bersama perlu ada kode-kode yang dipahami bersama agar tidak terjadi miskomunikasi antar peserta touring atau mengganggu pengguna lalu lintas lainnya. Setidaknya ada 4 kode dasar saat touring yang perlu dipahami.

Berikut beberapa sandi atau isyarat dasar dalam berkendara grup yang perlu diperhatikan oleh seluruh anggota konvoi saat touring :

​1. Menghidupkan Mesin
Road Captain memberikan sandi dengan cara mengangkat dan mengepalkan tangan kiri bersamaan dengan memutar jari telunjuk, hal ini mengisyaratkan kepada rombongan untuk menghidupkan sepeda motor nya.

2. Berbelok
Road Captain memberikan sandi dengan cara mengangkat tangan kiri lalu mengarahkan pada arah tujuan saat akan berbelok yang akan dituju oleh rombongan touring. Isyarat ini dilakukan sebelum berbelok.

​3. Jalan Berlubang
Road Captain memberikan sandi dengan cara menurunkan tangan kiri yang menandakan bahwa ada jalan yang berlubang saat dilewati oleh rombongan.

​4. Berhenti Perlahan
Road Captain memberikan sandi dengan mengepalkan tangan kiri-nya menandakan kita harus berhenti secara perlahan.

​“Selain kita harus memahami sandi-sandi dalam perjalanan touring menggunakan sepeda motor. Pengendara juga wajib menggunakan Helm, Jaket, Sarung Tangan, dan Masker untuk selalu tetap #Cari_Aman saat berkendara,” imbuh ​ Ludhy Kusuma, Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora. (Rls/NM)

LEAVE A REPLY

*