Yamaha Petronas YZF-R1, Edisi Khusus Mirip Motor Quartararo di MotoGP

0
141
Yamaha Petronas YZF-R1
Yamaha Petronas YZF-R1, Replika M1 MotoGP. Foto: yamaha, webbikeworld

NaikMotor – Tim satelit Yamaha ini belum 2 tahun berkiprah di MotoGP. Tetapi, sudah diabadikan dengan Yamaha Petronas YZF-R1 replika yang mirip motor Quartararo di MotoGP.

Tim satelit ini memang mulai diperhitungkan karena tahun pertama saja (2019), mereka sudah 6 kali pole position, dan 7 kali podium., Di MotoGP 2020, mereka tetap meraih tiga kemenangan, dua melalui rookie luar biasa Fabio Quartararo dan satu melalui veteran Franco Morbidelli. Selain kualitas tim, mereka juga memiliki sepeda motor Yamaha M1 yang serupa tim pabrikan, Monster Energy Yamaha, seperti diberitakan media webbikeworld.

Yamaha Petronas YZF-R1

Kedekatan tim ini semakin kuat karena Yamaha telah meluncurkan Yamaha Petronas YZF-R1 replika yang mirip motor Quartararo di MotoGP. Edisi terbatas khusus yang akan memakai livery tim dan beberapa part performa yang sangat spesial untuk membedakannya dengan edisi standar.

Seperti bodywork dan fairing menggunakan beberapa aerodinamika YZF-M1R MotoGP saat ini, termasuk winglet. Celah lampu depan telah diisi, dan dicat dengan warna hitam dan teal Petronas. Bagian buntutnya pendek dan dipotong, dan tangki dibuat menyerupai motor balap.

Yamaha Petronas YZF-R1

Teknologi MotoGP pun telah ditanamkan pada model. Bermitra dengan Yamaha Austria Racing Team (YART), fairingnya terbuat dari serat karbon, footpeg balap, throttle responsif, dan ECU yang disetel untuk balapan. Selain itu, garpu Ohlins FGRT di depan dan monoshock Ohlins TTX di belakang. Kaliper Brembo GP4-RX dan rotor T-Drive, dan pelek aluminium Marchesini serta ban Michelin.

Yamaha hanya membuat 46 unit, untuk merayakan ulang tahun Petronas yang ke-46. Dipasarkan dengan harga sekitar Rp 798 jutaan, pembeli jug akan mendapatkan bonus berupa helm KYT, apparel, dan yang terpenting, tiket tamu VIP penuh, termasuk akses pit Yamaha Petronas SRT, untuk balapan MotoGP. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*