Garda Berharap Dilibatkan dalam Super Apps Rancangan Dishub DKI Jakarta

0
31
Foto: Garda

NaikMotor – Wacana dibuatnya Super Apps oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta ditanggapi oleh Garda. Menurut mereka, Selain Gojek dan Grab, Aplikasi Garda juga baiknya dilibatkan.

Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) Indonesia menanggapi wacana Pemprov DKI Jakarta yang ingin melakukan ‘merger’ Gojek dan Grab dalam super apps yang disiapkan oleh Dishub DKI Jakarta. Garda Indonesia yang juga membuat aplikasi Garda Digital menginginkan agar dapat dilibatkan dalam super apps tersebut.

Ketua Presidium Nasional Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) Indonesia, Igun Wicaksono mengatakan konsep yang diwacanakan oleh Kadishub DKI Jakarta harus jelas supaya tidak menimbulkan kebingungan di masyarakat, aplikator maupun operator transportasi. “Konsepnya harus jelas agar tidak menimbulkan kebingungan dan para pelaku transportasi yang akan terlibat dalam super apps transportasi nantinya. Sebaiknya Kadishub melibatkan semua aspek yang akan terlibat nantinya.”

Aplikasi Garda.

Igun menekankan pentingnya pelibatan semua pihak dalam menyiapkan konsep tersebut, agar seluruh pihak dapat melakukan kajian bersama terlebih dahulu, seperti badan pengelola, pengusaha transportasi, asosiasi pengemudi, perusahaan aplikasi dan pakar transportasi. “Garda Digital belum dilibatkan. Seharusnya dapat dilibatkan agar kajian secara komprehensif dapat optimal. Garda digital sendiri merupakan aplikasi untuk kebutuhan, menyediakan kelengkapan keselamatan bagi driver ojol, seperti partisi ojol, helm, sarung tangan yang dibagikan gratis bagi para driver ojol yang sudah menjadi anggota Garda Digital. Selain itu Garda juga sudah bekerjasama dengan BPJS,” imbuh Igun.

Sebagai informasi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah menyiapkan aplikasi super atau super apps yang akan mengintegrasikan aktivitas transportasi di wilayahnya, termasuk ‘merger’ Gojek dan Grab dalam satu wadah.

Kepala Dinas Perhubungan Pemprov DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan pihaknya tengah berupaya mengoptimalkan pengguna angkutan umum dalam sistem transportasi konvensional dan transportasi online (daring) ada di dalamnya. (Daus/Prob/NM).

LEAVE A REPLY

*