Kosmos Smart Helmets, Bisa Deteksi Kecelakaan dan Otomatis Hubungi Gawat Darurat

0
20
Kosmos Smart Helmets
Kosmos Smart Helmets bisa deteksi kecelakaan dan otomatis memanggil layanan darurat. Foto: Motociclismo

NaikMotor – Helm pintar “Kosmos Smart Helmets” dibuat untuk bisa mendeteksi jika penggunanya mengalami kecelakaan dan bisa langsung menghubungi layanan darurat karena sudah terintegrasi. 

Kosmos Smart Helmest atau KSH adalah helm pintar buatan startup Prancis yang dirancang untuk mendeteksi kecelakaan yang dialami penggunanya dan memulai “misi” penyelamatan secara otomatis.

Kosmos Smart Helmets

KSH membuat kita melihat teknologi perangkat panggilan darurat ada pada helm, setelah biasanya hanya ada di sepeda motor atau mobil. Cara pengoperasian panggilan darurat ini relatif sederhana, pemilik tinggal mengkoneksikan smartphone-nya dengan helm lewat aplikasi Bluetooth. Lewat aplikasi khusus, pengguna bisa memasukkan informasi kesehatan dan 5 kontak darurat yang akan dihubungi jika terjadi kecelakaan.

Jika pengguna helm terjatuh saat berkendara, sensor di kap helm akan mendeteksi bahwa telah terjadi kecelakaan, lalu sistem akan menghubungi atau mengecek apakah sang pengendara tersebut memerlukan layanan darurat atau intervensi, atau malah ternyata tidak memerlukan bantuan dan tidak terluka. Lain halnya jika pengendara tidak merespon, sistem secara otomatis akan mengirim SMS darurat dengan posisi dan informasi kesehatan ke kontak yang telah ditentukan.

Selain sistem panggilan darurat, Kosmos Smart Helmets juga memiliki lampu yang terhubung untuk visibilitas lebih besar. Ada lampu LED di bagian samping helm dan lampu darurat di bagian belakang helm. Dilansir dari Motociclismo, lewat accelerometer internal, helm akan mendeteksi saat pengemudi mengerem, sehingga lampu rem akan menyala juga untuk membuat pengguna jalan lain melihat manuver pengendara.

Kosmos Smart Helmets

Helm pintar ini juga bisa diakses lewat perintah suara, instruksi navigasi, dan manajemen panggilan. Jika berjalan sesuai rencana, ditargetkan helm pintar ini sudah bisa tersedia tahun depan, dan jika sukses, maka KSH juga siap menerapkan teknologi ini pada helm full face. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*