Ini 5 Komponen yang Harus Rutin Diganti, Tanpa Khawatir Boros

0
622
Service motor tanpa bongkar
Service motor tanpa bongkar di Planet Ban menggunakan metode Auto Tune-Up dan Auto Clean-Up. Foto: Istimewa

NaikMotor – Untuk mencegah servis dengan biaya sekali besar, Planet Ban pun memberikan saran untuk menghemat pengeluaran perawatan motor dengan cara rutin mengganti beberapa bagian satu per satu. 

Merawat motor tidak selalu mengharuskan kita merogoh kocek terlalu dalam. Agar lebih hemat, Planet Ban pun merekomendasikan untuk mengganti beberapa bagian motor secara rutin yang bisa dilakukan satu persatu.

Ini dia 5 bagian motor yang sebaiknya diganti secara rutin:

  • Ban Motor

Ban motor sebenarnya memiliki masa pemakaian yang cukup panjangm bahkan bisa hingga lebih dari 10 bulan. Tetapi, meski waktu penggantiannya lama, ban motor sebaiknya diganti secara rutin sebelum botak agar terhindar dari kecelakaan atau selip karena bannya licin.

  • Oli Mesin

Oli mesin menjaga kinerja dan kualitas mesin agar usia motor panjang dan tetap berperforma nyaman. Planet Ban menyarankan untuk melakukan penggantian oli setidaknya setiap 2 bulan sekali atau setelah menempuh jarak 2000 km.

  • Kampas Rem

Kampas rem berguna untuk mengatur kecepatan pengereman, oleh karena itu, kondisinya harus baik. Kalau kampas rem aus, maka bisa menyulitkan saat akan mengurangi kecepatan, hingga bisa mengakibatkan kecelakaan. Penggantian kampas rem bisa dilakukan tiap 3 bulan sekali jika motor dipakai harian.

  • Filter Udara

Masa pakai filter udara lumayan pendek. Lama dan seringnya motor digunakan membuat proses pembakaran dalam mesin jadi lebih sering, sehingga otomatis membutuhkan banyak udara untuk mendukung prosesnya. Karenanya, sangat dianjurkan untuk mengganti filter udara secara rutin setiap menempuh 5000 km.

  • Busi

Sederhananya, busi berfungsi untuk memercikkan api guna memulai proses kerja mesin. Meski terlihat simple, tapi jika busi bermasalah, maka bisa merepotkan. Busi disarankan untuk diganti secara rutin setiap menempuh jarak 20000 km.

Planet Ban sendiri saat ini bukan hanya menyediakan ban, tapi juga sudah menyediakan berbagai komponen di atas, serta sekarang juga sudah menerima servis motor, lho! (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*