Katup Variabel Harley-Davidson Dipatenkan, Efisiensi Tenaga

0
48
Katup Variabel Harley-Davidson Dipatenkan
Katup variabel Harley-Davidson dipatenkan. Foto: US Patent

NaikMotor – Pabrikan dari Milwaukee (H-D) maju selangkah lagi soal efisiensi energi. Pasalnya, katup variabel Harley-Davidson telah dipatenkan, bakal diperuntukkan mulai dari model Sportster.

Paten katup variabel Harley-Davidson menampilkan sketsa mesin dengan timing bukaan katup variabel (VVT) sebenarnya diterapkan pada model Fat Bob. Tetapi jika menilik model yang paling popular adalah Sportster tampaknya model entry level inilah yang akan mendapatkannya kelak.

Katup Variabel Harley-Davidson Dipatenkan

Sportster sendiri saat di Eropa seperti save by the bell. Dengan diterapkannya standar emisi Euro5, Sportster seharusnya sudah tidak dipasarkan tahun depan, namun dengan kondisi lockdown akibat pandemi Covid-19, H-D sementara bisa bernafas lega. Sementara pengembangan mesin dengan efisiensi daya masih bisa dilanjutkan.

Mesin dengan katup variabel H-D itu, mirip dengan sistem yang ditemukan pada mesin VVT-i Toyota. Sproket camshaft (#158) akan maju mundur mengikuti VVT unit (#98) agar bukaan katupnya menyesuaikan dengan kebutuhan mesin. Pergeseran timing camshaft menekan pushrod (#138) berdasarkan tekanan oli (putaran mesin) pada unit VVT.

Katup Variabel Harley-Davidson Dipatenkan

Sistem VVT H-D itu diterapkan baik untuk katup intake dan exhaust. Secara umum, menyesuaikan timing intake dapat mengoptimalkan pengiriman tenaga dan torsi pada putaran yang lebih tinggi atau lebih rendah. Dengan kata lain, torsi optimal sudah diraih sejak putaran rendah dan merata hingga putaran tinggi mesin. Sehingga, kinerja mesin efisien.

Tetapi tujuan yang mungkin untuk Harley-Davidson adalah untuk mengurangi emisi. VVT H-D dipatenkan di U.S. Patent and Trademark Office awal 2019 lalu, oleh desainer mesin H-D, Johann Voges. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*