Beberapa Perkara Ban yang Tidak Bisa Dianggap Sepele dari IRC

0
204
informasi ban irc
Foto: Facebook IRC Indonesia

NaikMotor – Ban sepeda motor yang diproduksi lokal, IRC, kerap membagikan informasi bermanfaat seputar ban di akun sosial medianya. Kali ini, NaikMotor menggabungkan beberapa informasi dan tips dari IRC yang patut diketahui dan mudah diterapkan. 

IRC terbilang cukup sering membagikan informasi perihal ban lewat akun sosial media mereka. Oleh karena itu, kali ini NaikMotor menggabungkan beberapa tips dan pengetahuan yang IRC berikan untuk mempermudah Motoris memahami seluk-beluk dan tips tentang bannya.

  • Cuci ban
    Rupanya, ban tidak boleh dicuci sembarangan, lho. IRC tidak menganjurkan untuk langsung menyabunkan permukaan ban, karena air sabun bisa membuat ban jadi kaku dan keras. Jika ban menjadi kaku dan keras, hal tersebut bisa mengurangi daya cengkram ban ke jalanan, sehingga kemungkinan untuk tergelincir jadi makin tinggi.
  • Bahaya kerikil pada ban
    Ternyata kerikil yang terselip cukup lama di alur ban bisa merusak komponen dan material ban, lho. Bahkan, kerikil bisa membuat ban mengalami kebocoran meski tidak tertancap paku.

    informasi ban irc
    Foto: Facebook IRC Indonesia

    Kerikil juga dapat membuat kompon terkikis seperti robek, sehingga ban jadi kempes atau yang biasa disebut bocor halus. Jika diameternya besar, maka akan sulit untuk ditambal.
    Agar ban tidak bocor karena kerikil, jangan lupa untuk pantau seluruh alur dan telapak ban setelah berkendara.

  • Motif alur ban ternyata ada fungsinya
    IRC menerangkan bahwa kembangan atau motif alur pada ban bukan cuma untuk “keren-kerenan” saja. Melainkan motif alur ban berfungsi untuk mengurangi traksi antara ban dengan aspal, serta memecah air bila aspal sedang dalam kondisi basah sehingga kendaraan bisa berjalan dengan stabil.

    informasi ban irc
    Foto: Facebook IRC Indonesia
  • Penggunaan ban yang sudah aus ternyata melanggar peraturan lalu lintas
    Menggunakan ban aus ternyata melanggar peraturan lalu lintas, lho. Hal tersebut diatur pada PP 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan Pasal 73.
    Hindari penggunaan ban aus karena bisa membahayakan diri sendiri maupun orang lain.

    informasi ban irc
    Foto: Facebook IRC Indonesia

    Ban aus sendiri adalah ban yang sudah mencapai batas Thread Wear Indicator (TWI) yang berlambang segitiga dan terletak di dinding ban. Jika sudah mencapai batas TWI, sebaiknya ban segera diganti ya, Motoris… (Litha/Prob/NM) 

Foto: Facebook IRC Indonesia

LEAVE A REPLY

*