Ternyata Ini Alasan Denchas Doyan Yamaha RX-King

0
192
Denchas Yamaha RX-King
Denny Chasmala juga kini mengoleksi Yamaha RX-King. Foto: Arif

NaikMotor – Masih mengulas hobi lain dari Denny Chasmala atau Denchas yang identik dengan koleksi Vespanya. Namun, ternyata sekarang Denchas doyan Yamaha RX-King hingga sampai punya tiga unit model lampu bulat.  

Musisi Denny Chasmala sudah tidak diragukan lagi kecintaanya akan Vespa sampai  berjejer lumayan lengkap berbagai tipe. Di garasinya bukan cuma skuter sekarang karena ada spesies lain. Ya, ternyata sekarang Denchas doyan Yamaha RX-King, motor yang identik sebagai tunggangan para penjambret.

Denchas menceritakan alasan awalan ketertarikannya dengan RX-King penuh canda tawa saat kami menyambangi kediamannya di bilangan Pondok Cabe, awal bulan Juli kemarin. ” Kebetulan sudah tiga bulan ini gue suka dengan RX-King. Jadi ceritanya begini, gue ada satu Vespa balap, kalau digas-gas dengan suara knalpot sedikit cempreng. Seneng banget sound Vespa balap dan ternyata menemukan rasa yang sama ketika melihat King lewat. Akhirnya gue beli satu dan suka ternyata suka juga dengan suaranya,” buka Denchas yang juga menggunakan alat musik bermainnya dari produk Yamaha.

Soal perfoma RX-King, Denchas juga punya pandangan lain dibandingkan dengan Vespa yang sama-sama 2-tak. ” Rasanya kayak naik Vespa balap cuma beda bannya kali ya, dan kapasitas mesinnya enggak jauh beda, Vespa 150 sementara King 135cc. Mungkin kalau tarikan panjangnya enakan Vespa, tapi untuk jarak pendek atau starting ya King. Gue suka ama RX-King kepala bulet, kalau yang kotak sudah biasa. Ternyata gue juga baru tahu kalau edisi lampu bulet ini edisi khusus 2007 – 2009. Mungkin  kayak Vespa nantinya nih motor..bakal mahal. Punya motor itu buat tabungan..gue nikmatin,” tambah Denchas.

Denchas juga termasuk sosok pemusik dan juga pengendara motor sejati, karena untuk aktivitas hariannya dia sering menggunakan motor kesayangannya menembus kemacetan Jakarta. “Gue butuh akselerasi saat nyalip, RX-King paling mantep dan enteng secara bobot. Untuk speed atas emang bukan andalan, paling kenceng gue bawa 70-80 km per jam, 90 km per jamgue bawa lantaran kebelet,” imbuh Denchas sembari tertawa terbahak-bahak.

Koleksi RX-King Denchas adalah generasi keempat yang merupakan generasi terakhir dari Yamaha RX King, atau lebih familiar dengan sebutan nama New King. Pada masa ini mesin 2-tak mulai dinilai sebagai mesin penghasil polusi udara yang merusak lingkungan, sehingga pada RX-King dibuat dengan teknologi yang bisa mengurangi kepulan asap knalpotnya, yaitu dengan penerapan catalytic converter pada saluran gas buangnya. selain itu juga desain headlamp- nya berubah menjadi bulat dari yang sebelumnya identik dengan lampu kotak. (Daus/Prob/NM).

LEAVE A REPLY

*