Perhatikan, Ini Sebab Munculnya Karat Pada Tangki Motor

0
34
penyebab karat pada tangki
Kondom tangki GSX-RR 2018 kosong belum dipasang.

NaikMotor – Meski Jarang terjadi, tangki sepeda motor bisa timbul karat jika beberapa hal diabaikan oleh pemiliknya. Berikut penyebab karat pada tangki sepeda motor.

Posisi tangki sepeda motor yang rawan terkena air hujan tentunya rawan akan timbulnya karat. Posisi timbulnya karat bagian luar tangki biasanya ada di daerah tutup tangki, sebab biasanya terdapat cekungan yang akan menampung air apabila motor kehujanan.

Baiknya segera dikeringkan dengan lap agar air yang mengendap kering. Jika endapan air dibiarkan terlalu lama imbasnya akan timbul karat dan nantinya bisa keropos karena korosi.

Selain itu, perhatikan juga karet pada penutup tangki. Kualitas karet sangat berpengaruh, sebab jika karet sudah mengering maka air dari luar bisa rembes masuk ke dalam tangki dan akan bercampur dengan bahan bakar. Imbasnya selain akan menimbulkan karat dari dalam tangki, bahan bakar yang mengalir ke sistem pembakaran juga akan terganggu dan berpotensi bikin motor mogok.

Karet pada tutup tangki yang sudah getas bisa menyebabkan air masuk ke dalam tangki

Bukan hanya bagian luar tangki saja potensi timbulnya karat, dari bagian dalam juga rawan muncul karat. Hal pertama yang menyebabkan adalah seringnya tangki bahan bakar kosong atau jarang diisi penuh.

Kekosongan di ruang tangki membuat ada ruang tersisa di tangki yang diisi oleh udara. Nah udara biasanya membawa uap air, dan uap air yang mengembun ini lama-kelamaan bisa membuat dinding tangki motor berkarat dan efek paling buruknya berlubang.

“Jangan keseringan tangki dalam keadaan kosong, uap dari bahan bakar yang bercampur dengan udara yang ada didalamnya bisa menimbulkan karat. Jika tangki sudah berkarat nantinya akan repot,” jelas Iman, mekanik diler Honda dibilangan Ciputat. (Daus/Prob/NM).

LEAVE A REPLY

*