Begini Kelebihan Tangki Custom Aluminium, Tapi Lebih Rumit Membuatnya

0
301
Tangki Custom Aluminium
Proses pembuatan bodi aluminium Foto : Wawa

NaikMotor – Tangki custom aluminium lebih tahan lama, sekaligus menjadikan modifikasi lebih sesuai tema. Tetapi tangki custom aluminium akan lebih mahal sebab lebih rumit pembuatannya, seperti yang dijelaskan Protechnic.
Protechnic termasuk spesialis  dalam membuat bodi part dari aluminium. Sementara itu ada nilai plus dengan menggunakan material aluminium yang jauh dari korosi serta lebih ringan dibanding plat galvanis.
Namun perlu diketahui juga bahwa proses pembentukan suatu bodi dari aluminium tidak mudah, karena harus memiliki keahlian khusus. “Pengerjaannya lebih sulit dimana molding harus presisi, teknik pengelasan yang harus mengerti tingkat kepanasannya dan proses pembentukan harus hati-hati,” papar Ari Supriyono dari Protechnic.
Sebagai contoh untuk membuat tangki bahan bakar dari aluminium dengan tebal 3 mm membutuhkan waktu sekitar 2 minggu dan bodi keseluruhan membutuhkan waktu 1 bulan.
“Kalau pakai terlalu tipis takut bocor, jadi pakai tebal 3 mm, untuk tahap finishing nantinya tidak menggunakan dempul, jadi diratakan dengan grinda, kikir dan amplas hingga mengkilat,” terang Ari yang markasnya di Jalan Pahlawan No.80C Rempoa, Ciputat, Tangerang Selatan.
Bicara soal harga, Protechnic memberikan harga untuk tangki saja mulai dari Rp. 3,5 juta hingga Rp. 4,5 juta dan bodi keseluruhan mulai dari Rp. 7,5 juta hingga Rp. 8,5 juta tergantung tingkat kesulitan pengerjaan. (Wawa/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*