Sepeda Listrik VS Skuter Listrik, Mending yang Mana?

0
585
sepeda skuter listrik
Foto: NIU dan Bulls

NaikMotor – Saat ini sepeda listrik dan skuter listrik tengah semakin digandrungi banyak pihak. Sebenarnya, apa sih beda kedua kendaraan listrik tersebut dan lebih baik membeli yang mana? 

Dewasa ini, kendaraan listrik semakin populer. Sepeda listrik dan skuter listrik sudah semakin sering terlihat melintas di jalanan. Bahkan ada perusahaan ojek online yang menyewakan otoped/skuter listrik dan berhasil menarik banyak peminat. Kendaraan listrik memang cukup unggul, karena selain hemat biaya dan aman, kendaraan listrik juga ramah lingkungan.

Mungkin ada beberapa dari Motoris yang galau ingin memilih yang mana di antara sepeda dan skuter listrik, oleh karena itu, Melotronic selaku distributor kendaraan listrik di Indonesia pun memberikan contoh hal plus-minus atau pro dan kontra dari masing-masing produk untuk membantu anda mengambil keputusan.

  • Sepeda Listrik

Sepeda listrik atau e-bikes biasanya memiliki desain mirip sepeda konvesional dan ditenagai baterai yang bisa diisi ulang. E-bikes diklasifikasikan sebagai sepeda daripada kendaraan bermotor karena masih dilengkapi pedal kayuh dan rangka telanjang. Oleh karenanya, pengguna e-bikes bisa menggunakan jalur sepeda saat berkendara.

Sepeda listrik ramah lingkungan karena ditenagai oleh baterai dan tidak menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang bisa menyebabkan pencemaran lingkungan. Baterai bisa diisi ulang dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Meski demikian, ternyata kendaraan dengan bensin terisi penuh dapat digunakan lebih lama ketimbang baterai yang terisi penuh. Baterai juga ternyata harus sering diisi ulang dan jadi kurang praktis. Selain itu, baterai akan berangsur uzur dan tidak bisa digunakan sehingga harus dibuang dan membeli baterai pengganti yang baru.

E-bikes mudah digunakan dan diperbaiki, serta bisa dikendarai dengan mudah. Jika rusak, cukup dibawa ke bengkel sepeda karena umumnya onderdil sepeda listrik juga tersedia di bengkel sepeda biasa. Namun karena memiliki baterai, saat baterainya habis, sepeda jadi lebih berat saat dikayuh.

  • Skuter Listrik

Skuter listrik atau e-scooter memiliki tampilan seperti kendaraan bermotor dan sama seperti e-bikes, skuter listrik juga bertenaga baterai. E-scooter memiliki sistem alarm dan kunci kemudi, sehingga tidak bisa dicuri dengan mudah. Selain itu, pada e-scooter juga da ruang atau keranjang untuk menaruh barang-barang anda.

Dari segi bobot, menurut yang dijelaskan oleh Melotronic, skuter listrik jauh lebih berat ketimbang sepeda listrik, sehingga akan jauh lebih merepotkan saat baterainya habis. Umumnya, e-scooter lebih cepat dibanding e-bike. Karena lebih cepat, Anda harus memiliki izin untuk mengendarainya. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*