Keren! Inilah Motor Custom Board Tracker Karya SMK Mercusuar Cakung

0
549
Custom Boardtracker SMK Mercusuar
Inilah sosok motor custom board tracker karya SMK Mercusuar Cakung. Foto: Insan Motor Bekasi

NaikMotor – Siswa SMK Mercusuar akhirnya menyelesaikan salah satu sepeda motor custom ala boardtracker karya mereka. Meski sempat terhenti progresnya, kini custom retro mereka sudah siap untuk dipamerkan. 

Masih ingat dengan Mercusuar Garage dari SMK Mercusuar yang memiliki proyek untuk membuat motor custom scrambler dan boardtracker? Meski sempat tertunda karena Covid-19, saat ini, custom boardtracker buatan Aji (Ucok) CS yang dibangun sejak awal 2020 sudah selesai akhir pekan lalu (19/6/2020) .

Program vokasi yang disodorkan Yoriko dari Motovation Garage untuk mewadahi kreativitas siswa SMK Mercuasuar Ujung Menteng Cakung, Jakarta Timur di bidang otomotif roda dua disambut pihak sekolah. Iko, panggilan akrabnya, menawarkan diri kepada pihak SMK Mercusuar untuk menerapkan idenya. “Daripada tawuran, ayo tawuran ide. Itu konsep awalnya sih. Seminar tidak hanya ditujukan kepada orang yang sudah kerja, justru anak mudalah yang harus mendapat motivasi karena mereka adalah penerus generasi bangsa,” tukasnya di awal program. Disesuaikan dengan program sekolah, ia mulai mengajak para koleganya yang memiliki keahlian untuk membantu implementasinya kepada siswa di bidang rancang bangun motor yakni Iyus dari Insan Motor Bekasi pada awal tahun lalu.

Hingga akhirnya, mereka melibatkan NaikMotor.com untuk membantu proses pengerjaan motor custom ini sehingga salah satu sponsor yakni PT Astra Oto Parts dengan brand, Pirelli mendukung dengan produk bannya, Scorpion.

Board tracker Mercusuar Garage ini dibangun bersama oleh Aji (Ucok), Latief, Arya, Krisna, Rizky, Effendi, Iman, Jayanto, Rachmad, dan Fauzi. Pembimbing mereka, Iyus dari Insan Motor Bekasi mengatakan custom boardtracker Mercusuar beraksen putih ini selesai dalam kurun waktu sekitar 3 bulan jika dihitung dari per pertemuannya.

Custom Boardtracker SMK Mercusuar

Salah seorang anggota Mercusuar Garage, Latief, menyampaikan kepada tim NaikMotor  merasa senang karena salah satu motor custom yang mereka rakit sudah selesai. “Seneng kak, dulu pas pertama kali project-nya dimulai mah kita diledek sama teman kita, katanya gak bakalan jadi itu motor,” ujarnya.

“Yang paling susah itu pas perakitan kak, dan yang paling senang pas finishing karena motornya sudah kelihatan keren,” tutur Latief saat ditanya mengenai kesan-kesan yang dirasakan selama proses custom ala siswa SMK seperti mereka.

Latief dan rekan-rekannya saat ini sudah lulus dari SMK Mercusuar. Mereka dan Iyus selaku pembimbing di hari Sabtu kemarin sudah melakukan serah terima motornya ke sekolah. Untuk satu motor custom lagi, yang bergaya scrambler, belum diketahui kapan sekiranya akan selesai.

Sang pembimbing, Iyus dari Insan Motor Bekasi pun angkat biacara soal karya anak-anak sekolah ini. ” Akhirnya proyek Mercusuar Garage bisa mereka selesaikan dengan berbagai tantangan yang harus mereka hadapi. Saya tak pernah berhenti memberi motivasi kepada mereka sekaligus memberi pemahaman soal dunia rancang bangun motor custom. Seandainya IIMS 2020 jadi terlaksana mungkin ada kebahagiaan dalam diri mereka. Namun kondisi pandemi ini yang justru membuat saya salut kepada kemauan mereka untuk bisa membuktikan kemampuannya, “sebut  Iyus .(Litha/Prob/NM)

Spesifikasi motor custom Mercusuar Garage

Mesin Honda GL Max
Rangka : custom MG
Grider fork : custom MG
Tromol depan : Honda grand
Tromol belakang : RK-king
Knalpot : kustom chrome
Pelek : 2.15-21 depan belakang
Headlamp : variasi
Tanki : custom
Cat : polyutethane ( merk : campur)
Pernis : Sikkens dan belkote
Mesin poles
Bracket :chrome
Ban: Pirelli Scorpion 90-90/ 21

LEAVE A REPLY

*