NGK Rilis Busi Baru Skuter Matik Bongsor, XMax dan Forza

0
Busi NGK Skuter Bongsor
Busi NGK MR8K-9 untuk Honda ADV dan PCX dengan material baru di elektroda pusat. Foto: Istimewa

NaikMotor – NGK busi merilis produk baru, NGK LMAR8A-9 serta Laser Iridium LMAR8BI-9 untuk Yamaha X-Max dan Honda Forza. Busi NGK skuter bongsor yang itu buat XMax dan Forza.

PT NGK Busi Indonesia kembali merilis produk barunya, NGK LMAR8A-9 serta Laser Iridium LMAR8BI-9 untuk Yamaha X-Max dan Honda Forza. Sebagai salah satu komponen pengapian yang krusial, busi memiliki fitur-fitur yang didesain khusus dengan spesifikasi yang berbeda pada masing-masing kendaraan.

Diko Oktaviano selaku Technical Support PT NGK Busi Indonesia mengungkapkan, “Busi NGK LMAR8A-9 dan Laser Iridium LMAR8BI-9 untuk Yamaha X-max & Honda Forza memiliki fitur yang cukup berbeda dari busi motor pada umumnya. Busi motor ini memiliki fitur yang disebut dengan Long Reach, yaitu penggunaan ulir busi sepanjang 26,5mm, sedangkan pada umumnya busi menggunakan ukuran 19mm.”

Busi Yamaha X-max dan Honda Forza dengan fitur Long Reach. Foto Istimewa

Penggunaan ulir yang cukup panjang tersebut bukan tanpa alasan, beberapa keuntungannya adalah:

  1. Meningkatkan efisiensi system pendingin yang lebih besar dengan tujuan menaikkan kemampuan kompresi
  2. Ruang bakar & sudut katup yang lebih kecil menghasilkan efisiensi yang tinggi
  3. Jalur pendinginan lebih lebar untuk mencegah knocking
  4. Lubang busi yang lebih kecil menjadikan design mesin lebih fleksibel

Diko sapaan akrabnya juga menambahkan bahwa tak hanya kedua motor matik di atas, pada Honda PCX dan ADV pun businya memiliki fitur khusus yang cukup berbeda dari motor matik lainnya.

“Untuk Honda ADV dan PCX menggunakan busi NGK MR8K-9, dibekali dengan penggunaan fitur dan material baru pada elektroda pusatnya sehingga memiiki sifat anti-spark erosion dan anti-oxidation, sehingga busi tersebut dapat memiliki performa pengapian yang maksimal dengan masa pakai yang lebih panjang.”

Sebagai salah satu komponen pengapian yang krusial, busi memiliki fitur-fitur yang didesain khusus dengan spesifikasi yang berbeda untuk masing-masing kendaraan. Fitur tersebut diciptakan antara lain karena kebutuhan setiap mesin dan kendaraan terkadang berbeda-beda, tergantung dengan keinginan dari masing-masing pabrikan terlebih di masa sekarang ini di mana terjadi perubahan tren popularitas motor bebek ke motor matik.

Busi long reach
Ilustrasi busi dengan fitur Long Reach. foto: Istimewa

Perubahan tren tersebut mau tidak mau ikut mendorong terjadinya inovasi dan pengembangan mesin motor agar semakin optimal.

Sebagai catatan, pihak NGK Busi Indonesia selalu mengingatkan akan pentingnya penggunaan part number busi yang sesuai dengan kendaraan yang dimiliki agar para pemakai kendaraan dapat merasakan performa dan efisiensi yang paling optimal. (Daus/Prob/NM).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here