Biar Gak Ngantuk Saat Berkendara, Begini Caranya…

0
50
ngantuk berkendara
Foto: Wahana/Google

NaikMotor – Ngantuk itu manusiawi dan wajar, namun bisa sangat membahayakan jika rasa kantuk itu menyerang saat sedang berkendara. Oleh sebab itu, Wahana Honda membagikan beberapa tips cegah kantuk untuk para pengendara. Apa saja ya?

Dilansir dari Wahana, rupanya rasa kantuk merupakan salah satu penyebab kecelakaan terbesar di Indonesia, lho. Sebagian kecelakaan yang melibatkan dua atau lebih orang biasanya dipicu rasa ngantuk yang tidak tertahankan saat berkendara. Bila rasa kantuk dibiarkan, pengemudi bisa hilang fokus dan kemudian hilang kendali sehingga bisa menyebabkan kecelakaan yang membahayakan bukan hanya dirinya sendiri, tapi juga pengendara dan pengguna jalan lain.

Berikut ini beberapa tips untuk menahan ngantuk ala Wahana yang dirangkum khusus untuk Motoris:

  1. Minum minuman berkafein
    Minuman berkafein disebut-sebut bisa mencegah rasa ngantuk. Selain itu minuman dengan kandungan kafein juga kerap dicari untuk begadang. Sebelum memulai perjalanan, ada baiknya mengisi perut dengan makanan bergizi dan minuman berkafein.
    Contoh minuman berkafein yaitu kopi, dan teh. Bisa juga ditambahkan jahe untuk menambah efek segar ke badan.
  2. Menghibur diri sendiri
    Banyak cara yang bisa dilakukan, seperti menyanyi, atau berbicara layaknya seorang moto vlogger yang membicarakan apa saja yang dilihat. Kegiatan nyeleneh ini menurut Wahana bisa membantu mengusir rasa kantuk.
    Selain bisa menjaga fokus, perjalanan pun dapat dinikmati dengan santai dan bahagia.
  3. Ngobrol dengan penumpang
    Jika berpergian jarak jauh, ajak salah seorang anggota keluarga. Ajak mereka ngobrol agar suasana lebih menyenangkan. Menikmati perjalanan sambil berbincang dan tertawa mampu meningkatkan mood sehingga rasa kantuk dan letih pun tidak terasa.
    Tapi jangan lupa untuk tetap fokus ke jalan, ya! Jangan keasikan cerita hingga lupa melihat ke depan.
  4. Tepikan kendaraan dan istirahat
    Cara terakhir bila rasa kantuk sudah tidak bisa tertahankan, coba cari rest area bila memungkinkan. Apabila tidak, bisa tepikan kendaraan untuk beristirahat. Ingat, pastikan sekililing anda adalah tempat yang cukup ramai lalu lalang pengendar lain supaya lebih aman. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*