Bedakan, Fakta dan Mitos Seputar Motor

0
173
fakta mitos
Foto: Wahana

NaikMotor – Pengguna motor belum tentu memahami betul fakta-fakta dari sepeda motor, sehingga bisa jadi masih termakan mitos-mitos yang beredar. Agar tahu apa yang sebenarnya harus dilakukan dan dihindari, yuk, tengok informasi dari Wahana di bawah ini! 

Karena dikhawatirkan masih banyak pengguna motor yang belum mengenali dan mengetahui soal motor luar-dalamnya, Wahana Honda kembali membagikan informasi seputar fakta dan mitos tentang sepeda motor agar penggunanya tidak lagi melakukan hal-hal yang tidak perlu dilakukan bahkan ditakutkan.

Berikut ini adalah beberapa hal meliputi fakta-mitos yang mungkin sering dijumpai sehari-hari dan dilakukan oleh para pengguna roda dua:

  • Menggoyangkan motor saat isi bensin akan membuat pengisian lebih maksimal
    Apa benar begitu? Tentu tidak, ya! Banyak yang beranggapan bahwa dengan menggoyangkan motor, maka bensin akan masuk ke sela-sela mesin sehingga pengisiannya jadi lebih maksimal.Padahal, di dalam motor ada tangki khusus yang berfungsi sebagai tempat menyumpan bensin yang ukurannya tidak akan berubah. Jadi walau digoyang-goyang, pengisiannya tidak bisa ditambah lagi kalau sudah mencapai batas maksimal tangkinya.
  • Jika motor dipanaskan semakin lama, maka akan makin baik untuk mesin
    Padahal, kalau terlalu lama justru bensinnya akan cepat habis, serta udara peuh polusi karena tepapar asap kendaraan. Menurut Wahana, saat ini mesin motor itu sudah cukup canggih, sehingga langsung siap dikendarai walau dipanaskan hanya dengan dua menit saja.Mitos ini mungkin dari zaman dulu saat motor memerlukan waktu lama untuk dipanaskan. Motor lawas memerlukan setidaknya di bawah 10 menit untuk dipanaskan.
  • Motor baru? Jangan dipakai ngebut katanya..
    Mitos ini berisi tentang motor yang baru pemakaian pertama atau dalam masa reyen tidak boleh dibawa ngebut. Untuk mematahkan mitos ini, Wahana pun menjelaskan bahwa motor zaman sekarang sudah melewati uji coba sebelum dipasarkan. Berbeda dengan motor zaman dahulu yang membutuhkan penyesuaian antar komponen sebelum bisa dipakai untuk kebut-kebutan. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*