Perhatian Pemotor, Standar Motor Juga Butuh Perawatan Biar Awet

0
43
perawatan standar motor
Standar motor jangan luput dari perawatan biar kuat. Foto: Istimewa

NaikMotor – Umumnya setiap sepeda motor sudah dilengkapi standar, baik standar samping atau standar tengah yang berfungsi untuk menopang motor ketika berhenti alias parkir. Nah, perawatan standar motor juga harus dilakukan biar tetap kuat dan awet.

Masih banyak pemilik motor yang tidak merawat komponen ini. Padahal fungsi standar terbilang penting karena akan bermasalah jika saat parkir fungsi standar tidak sebagaimana mestinya.

Menurut Rohman, salah satu mekanik diler Honda di bilangan Pamulang, standar motor juga perlu perawatan agar tidak cepat berkarat. Sebab jika sudah berkarat akan menimbulkan masalah saat motor akan diparkir.

“Biasanya bagian per yang mudah berkarat dan imbasnya akan cepat patah. Nah, jika per sudah patah posisi standar tidak bisa dikembalikan lagi posisinya. Tentunya kondisi ini akan bikin repot saat motor berkendara.”

Foto: Istimewa

Rohman menuturkan cara mudah menghindari masalah tersebut adalah dengan rutin membersihkan standar terutama setelah melewati genangan air.

“Setelah berkendara saat hujan atau melewati genangan air, segera bersihkan bagian standar, pernya dan bagian as nya. Untuk bagian as disarankan juga dilumasi  untuk memperlancar gerakan standar saat digunakan.”

Rohman menambahkan, “baiknya untuk merawat standar samping atau tengah rutin dilakukan setiap 3 bulan sekali. Bagian per dan as standar tengah dan samping dibersihkan dan diolesi pelumas agar fungsinya bisa maksimal saat akan digunakan.” (Daus/Prob/NM).

LEAVE A REPLY

*