Sejarah PX Series Yang Melegenda, Awal Mula Desain Baru Vespa

0
313
Vespa PX series
Stok Vespa PX 150 Settatentesimo di Indonesia sudah ludes terjual. Foto: Yusuf Arief

NaikMotor – Sejak kelahirannya Vespa mengeluarkan beberapa model, salah satunya Vespa PX series yang menjadi legenda di dunia. Mengusung desain kotak membuat Vespa PX menjadi tren baru pecinta Vespa, khususnya kawula muda.

Piaggio pertama kali memproduksi Vespa PX tahun 1975 dengan varian 125 cc , 150 cc, dan 200 cc bermesin 2 tak transmisi manual. Resmi di perkenalkan kepada publik pada tahun 1977 pada event sepeda motor di Milan sebagai “New Line” Vespa (generasi baru)  dan menjadi objek idaman kaum muda, dalam persaingan dengan tingginya permintaan untuk sepeda motor 125 cc.

Pada tahun 1978 Piaggio kembali meluncurkan PX series dengan kapasitas mesin 150 cc dengan memakai kode produksi P 150 X dan kemduian dilanjutkan pada tahun 1981 dengan kode P 80 X.

Vespa PX150 1981. Foto: Istimewa

Mendapat respon positif, Piaggio mengembangkan PX series dengan meluncurkan P200E pada tahun 1981. Pengertian dari huruf ‘E’ adalah pada sistem pengapian sudah mengadopsi sistem elektronik atau CDI.

Sistem pengapian elektronik ini kemudian diterapkan juga pada model lain yang disebut Vespa PX 125 dan Vespa PX 150E, dan pada tahun 1982 Vespa P 200 E kemudian dikenal dengan nama PX 200E.

Sukses dengan sistem pengapian elektronik yang diterapkan pada Vespa PX yang menggunakan serie ‘E’, pada tahun 1982 Piaggio mengusung jenis Vespa PX Arcobaleno dengan Series Lusso yang pemasarannya di luar negara Italia.

Foto: Istimewa

Vespa PX Series Lusso merupakan pengembangan dari series PX sebelumnya, dengan inovasi kunci setang yang sudah menyatu dengan stop kontak mesin, pemisahan bahan bakar dan oli samping, serta pemisahan kabel rem depan yang diubah menjadi terpisah sehingga lebih mudah untuk perawatan, selain itu tool box di bawah setang juga menjadi lebih besar.

Pada tahun 1992 muncul Vespa Excell atau P150XE yang merupakan varian Vespa yang mempunyai body yang cukup besar serta telah tersediannya elektrik starter sehingga lebih mudah saat menyalakan mesin.

Memasuki era millennium, tepatnya tahun 2003 hadir Vespa PX 200 Millenium yang diklaim memiliki daya maksimum sebesar 12 Bhp dengan kecepatan maksimal sebesar 95 km/jam dan sudah memenuhi standar uji emisi gas buang Euro 2.

Vespa New PX 150. Foto: Istimewa

Sayangnya pada tahun 2007 Vespa PX harus berhenti produksi karena tidak memenuhi standar uji emisi gas buang Euro 3 dan penjualan terakhirnya diberi nama seri Ultima (seri terakhir) sebagai edisi terbatas yang memiliki windshield dan rak bagasi depan berlapiskan krom serta velg krom dengan ban strip putih (white wall).

Pada tahun 2011 Piaggio kembali memproduksi Vespa PX dengan nama New PX 150 yang diperkenalkan melaui pameran EICMA Show di kota Milan setahun sebelumnya. Mesin Seri PX terbaru ini masih menggunakan desain mesin 2-stroke dengan kapasitas 125 dan 150 cc dari seri sebelumnya, namun sudah dilengkapi  analytic converter yang berfungsi agar gas buang yang dihasilkannya memenuhi standar Euro 3. (Daus/Prob/NM).

LEAVE A REPLY

*