Dilarang di MotoGP, Piaggio Patenkan Winglet Aktif Buat Skuter?

0
34
sistem aerodinamika aktif
Foto: webbikeworld

NaikMotor – Terus berinovasi dengan teknologi, Piaggio akhirnya mematenkan sistem aerodinamika aktif yang bisa mengubah kekuatan rotasi setelah diajukan sekitar 2 tahun lalu di Italia. 

Meski skuter produknya bukan untuk adu kebut, tetapi Piaggio mematenkan inovasi sistem aerodinamis aktif mereka. Dikutip dari web bike world, perangkat ini berupa winglets yang bisa berputar ke atas atau ke bawah untuk mengatur kekuatan downforce. Hak paten tersebut diterbitkan oleh World Intellectual Property Office yang sudah diajukan sejak akhir 2018 di Italia.

Meski pada konsep paten gambarnya adalah skuter beroda tiga, rupanya sistem aero aktif dapat dengan mudah digunakan pada motor biasa. Piaggio juga dikabarkan telah mengerjakan sistem aero aktif untuk sepeda motor berkecepatan tinggi.

Pada gambar paten, wingletnya berada di fairing depan dan berbentuk C, mirip dengan pada Aprilia RS-GP MotoGP, bedanya unit dikontrol secara elektronik dan bergerak secara independen, serta ada komputer onboard yang memperhitungakn sudut kemiringan dan kemudi saat wingletsnya digerakkan.

piaggio sistem
Foto: webbikeworld

Sistem ini dikabarkan efeknya terasa lebih nyata saat berada di kecepatan yang lebih tinggi dari 45 km/jam. Winglets ini juga bisa membantu pengereman dan percepatan karena gerakannya bersamaan untuk memposisikan banyak atau sedikitnya downforce di roda.

Meski sudah mengajukan paten, rupanya Piaggio belum ingin melakukan produksi, melainkan hanya sebagai indikator kegiatan apa yang sedang dikerjakan oleh pabrikan itu. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*