Restorasi Suzuki RC100, Tua-tua Keladi nan Klimis

0
445
Restorasi Suzuki RC100
Restorasi konsep NOS Suzuki RC 100 milik Galih. Foto: Istimewa

NaikMotor – Pesona Suzuki RC100 atau lebih familiar dengan nama Suzuki Jet Cooled tak pernah sirna. Terbukti, dengan mengusung konsep New Old Stock (NOS), restorasi Suzuki RC100 milik Galih ini terlihat klimis layaknya baru keluar dari pabrik dan mesin yang bandel seperti pepatah “tua-tua keladi.”

Restorasi Suzuki RC100 lansiran tahun 1990 milik Galih ini berawal dari melihat saudaranya memakai Suzuki bebek 2 tak itu. Sehingga Galih pun terpikat untuk memilikinya.

“Alasan saya jatuh cinta ke Suzuki RC100 karena masih jarang yang pakai serta desainnya unik, selain itu mesinnya juga bandel dan saya buktikan dengan touring Jakarta-Lampung tidak ada trouble. Sebelumnya saya melihat saudara memakai Suzuki RC100 dan dia cerita pengalaman pakai RC100 dari waktu muda sampai sekarang, mesinnya bandel dan enak dipakai,” terang Galih.

Galih juga menceritakan singkat proses mendapatkan Suzuki RC100 miliknya yang harus sabar bahkan sampai mencari informasi melalui koleganya di daerah Jawa Tengah.

“Saya mendapatkannya di kota Pekalongan, kebetulan saya punya teman orang sana dan minta tolong untuk memberi info jika ada unit RC100 yang dijual. Alhamdulillah tidak lama dia menawarkan saya RC100 dan saya cocok kemudian langsung dikirim ke Jakarta via ekspedisi.”

Saat mendapatkannya, kondisi Suzuki RC100 dalam kondisi tidak layak untuk dilihat dan diajak jalan jauh. Galih juga menceritakan proses restorasinya memakan waktu 1 bulan.

“Waktu saya mendapatkannya kondisinya tidak layak, beberapa sudut bodi karatan, blok mesin bocor, karbu eror. Kemudian saya restorasi pelan-pelan dengan menyicil membeli part orisinil yang saya dapat dari online dan dari Jogja. Proses restorasi 1 bulan dan memakan biaya Rp 5 juta.”

Sebagai informasi, Suzuki RC100 pertama kali diluncurkan pada 1986 hingga 2002, edisi terakhir RC100 ini diberi nama Suzuki RC100 Bravo. Julukan Suzuki Jet Cooled sebenarnya penamaan tersebut merupakan bagian dari teknologi mesin yang diusung RC Series, yaitu sistem pendinginan piston dengan cara menyemprotkan oli dibagian bawah untuk membantu pendinginan piston tersebut atau disebut Jet Cooled. (Daus/Prob/NM).

LEAVE A REPLY

*