Napak Tilas Suzuki RC Series di Indonesia, Bebek 2-Tak “Bandel” Paling Lama Peredarannya

0
780
Suzuki RC series
Suzuki RC80 Jet Cooled. Foto: Istimewa

NaikMotor – Suzuki RC series pertama kali hadir tahun 1982 dengan diawali munculnya Suzuki RC80. RC Series tercatat mampu bertahan hingga 2002, membuktikan bahwa RC Series mrupakan motor bebek 2-tak yang bertahan paling lama peredarannya.

Suzuki RC80

Tipe pertama yang diluncurkan oleh Suzuki Indonesia adalah Suzuki RC80 pada tahun 1982. Pada era itu, sebagian besar komponen masih diimpor dari Jepang. Saat itu Suzuki RC80 berhadapan langsung dengan kompetitor 2-tak lainnya yakni Yamaha V80 (robot).

Keunggulan Suzuki RC80 ditandai dengan tenaga yang besar, mekanisme perpindahan gigi yang lebih halus, dan stabilitas pengemudian yang sangat baik jika dibandingkan dengan Yamaha Robot. Kelemahan utama jenis ini adalah masalah borosnya konsumsi BBM dan Oli samping jika dibandingkan dengan kompetitor tunggalnya tersebut.

Suzuki RC100 Sprinter. Foto: Istimewa

Suzuki RC100 dan RC100 Sprinter

Memasuki tahun 1986 Suzuki kembali meluncurkan generasi kedua, yakni RC100. Sesuai namanya, kapasitas motor 2-tak ini meningkat menjadi 100cc atau 99cc tepatnya dengan menggunakan basis mesin yang sama dengan RC80.

Selanjutnya pada tahun 1988, Suzuki kembali memproduksi  RC100 Sprinter yang merupakan bebek bertipe “ayam jago” pertama di Indonesia. Selain perubahan signifikan pada desain motor, perbaikan suspensi depan juga di lakukan. Hasilnya RC100 Sprinter sempat melambung di ajang balap motor saat itu.

Suzuki RC100 Bravo. Foto: Istimewa

Penjualan yang bagus membuat Suzuki Indonesia tetap memproduksinya. Terhitung RC Series resmi memasuki masa pensiun alias berhenti produksi pada tahun 2002 dengan nama Suzuki RC100 Bravo.

Oh ya, banyak masyarakat Indonesia lebih mengenal RC Series dengan nama “Suzuki Jet Cooled.” Nah, sebenarnya penamaan tersebut merupakan bagian dari teknologi mesin yang diusung RC Series, yaitu sistem pendinginan piston dengan cara menyemprotkan oli dibagian bawah untuk membantu pendinginan piston tersebut atau disebut Jet Cooled.

Mesin RC Series yang mengusung teknologi Jet Cooled. Foto: Istimewa

Basic mesin RC 100 dengan teknologi Jet Cooled yang “bandel” ini juga digunakan pada Suzuki Crystal dan Suzuki Tornado, hanya saja terjadi perubahan kapasitas mesin seperti di Suzuki Crystal menjadi 110 cc. (Daus/Prob/NM).

LEAVE A REPLY

*