Begini Menghindari Pembegalan Saat Berkendara Menurut Polisi

0
Menghindari Begal
Ilustrasi kejahatan begal. Foto: Istimewa

NaikMotor – Akhir-akhir ini kejahatan begal kembali merajalela, utamanya saat malam hari. Begini menghindari begal menurut Polisi.

Di beberapa akun sosmed ditayangkan video viral yang memperlihatkan seorang pengendara motor berusaha dibegal oleh kawanan penjahat. Banyak warganet kemudian bertanya bagaimana cara menghindari kejahatan begal.

Kasatlantas Polres Metro Bekasi AKBP Ojo Ruslani mengungkapkan hal tersebut dapat dihindari dan bisa dipraktekkan oleh pengendara motor.

“Untuk menghindari kejahatan begal yang pertama adalah jangan berkendara di jalan sepi sendirian, upayakan berkelompok serta hindari bawa barang berharga yang mencolok dan mengundang perhatian orang yang hendak berbuat jahat.” Menurut AKBP Ojo Ruslani, dengan berkendara berkelompok membuat penjahat begal yang hendak menargetkan korban kesulitan beraksi karena situasi ramai.

“Selain itu, baiknya mengatur rute perjalan dengan memperhatikan atau memilih opsi jalan yang aman. Ini dapat dilakukan dengan aplikasi peta digital serta update pemberitaan mengenai jalur-jalur rawan kejahatan,” tambahnya.

Hal penting lain yang harus diperhatikan saat berkendara adalah dalam kondisi apapun harus fokus dan memperhatikan sekeliling dengan mengamati kaca spion serta memperhatikan kiri kanan depan dan belakang sepeda motornya.

“Jika ada indikasi kejahatan baiknya segera menepi di tempat aman seperti kantor polisi atau gedung yang punya petugas keamanan yang berjaga di depan gedung. Posisi berkendara juga harus benar untuk menjaga motor stabil dan mudah dikendalikan. Terakhir gunakan perlengkapan berkendara yang baik dan benar untuk meminimalisir luka jika terjatuh karena ulah begal,” tutup AKBP Ojo Ruslani. (Daus/Prob/NM).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here