New BMW S1000XR Dibekali Fitur Keselamatan dan Keamanan Mumpuni

0
93

NaikMotor – Adventure sport BMW Motorrad hadir dengan penampilan yang gahar dan juga performa tinggi. Demikian dengan fitur keselamatan BMW S1000XR yang lengkap dan terkini.

New BMW S1000XR mengusung kombinasi desain adventure dan sporty dengan tetap mempertahankan kemewahan khas motor BMW. Dibekali mesin berkapasitas 999 cc tipe Water/oil-cooled 4-cylinder 4-stroke in-line engine yang diturunkan langsung dari saudaranya S1000RR.

Untuk mendukung performa teknologi mesin tersebut BMW juga membekali berbagai fitur keselamatan canggih pada S1000XR yang  tentunya untuk kenyamanan dan keselamatan selama berkendara, fitur-fitur tersebut diantaranya supensi Upside-down telescopic fork 46 mm, compression and rebound stage adjustable untuk bagian depan.

Sementara bagian belakang menggunakan alluminium double-sided swing-arm, central spring strut, electronic preload adjuster, electronic self-adjusting rebound/compression damping (Dynamic ESA Pro). Dynamic ESA (Electronic Suspension Adjustment) Pro secara otomatis dapat menyesuaikan tingkat peredaman motor saat menggunakan mode suspensi Road dan Dynamic untuk performa dan kenyamanan yang lebih baik. Suspensi pada BMW S1000XR tersebut diklaim mampu meredam dengan baik getaran-getaran saat motor dipacu dalam kecepatan tinggi dan juga melintasi berbagai kondisi jalan.

Suspensi tersebut didukung dengan rangka kokoh tetapi flexibel yang disebut Flex-Frame. Rangka tersebut didukung dengan ban berukuran 120/70 ZR 17 pada roda depan dengan lebar velg 3,5 inch dan 190/55 ZR 17 untuk roda belakang dengan lebar velg 6 inch.

Dari sisi pengereman BMW S1000XR dibekali dengan Twin disc brake, Radial 4-piston fixed calipers, diameter 320 mm untuk bagian depan. Sementara bagian belakang menggunakan single disc brake, diameter 265 mm, twin-piston floating calliper. Sistem pengereman ABS Pro berfungsi untuk mencegah roda terkunci saat melakukan pengereman ketika menikung dan mengurangi risiko kecelakaan.

Sistem pengereman juga didukung dengan Dynamic Traction Control (DTC) yang memungkinkan pengendara mengendalikan motor ini di berbagai kondisi berkendara. Dan juga ada fitur HSC Pro (Hill Start Control Pro) yang membantu pengendara untuk start and go ketika motor berhenti pada kondisi jalan menanjak.

Selain itu, bagian fitur keselamatan BMW S1000XR juga sudah dilengkapi Dynamic Brake Control (DBC) yang akan membuang perintah akselerasi jika melakukan pengereman secara mendadak. Fitur ini untuk menjaga jarak pemberhentian seminimal mungkin dan mengoptimalkan keamanan berkendara. Fitur keamanan lainnya adalah Engine Drag Torque Control (MSR) yang mencegah roda belakang tergelincir akibat perlambatan mendadak atau downshifting. (Daus/Contrib/NM).

LEAVE A REPLY

*