Siap Dicustom, Cruiser BMW Motorrad R18 Diluncurkan Via Medsos

0
140
penginden BMW R18
Cruiser retro BMW Motorrad R18 diluncurkan via Youtube dan Facebook. Foto: bmw

NaikMotor – BMW Motorrad R18 diluncurkan melalui tayangan langsung di Youtube dan Facebook, (4/4/2020). Cruiser retro Bavarian itu pernah ditampilkan di Concorso d’Eleganza Villa Mei 2019 sebagai konsep.

BMW Motorrad R18 diluncurkan sedikit berbeda dengan konsepnya meski masih dengan DNA klasik tetapi berdesain moderen. R18 memang seperti reinkarnasi BMW R5 baik dalam nama maupun rupa. Mengikuti pendahulunya, desain R18 memiliki garis purist yang sama. Dengan rangka loop ganda, tangki bahan bakar berbentuk pear dengan garis klasik, pipa knalpot menyempit, memanjang, dan driveshaft terbuka. Sisi moderennya diwakili iluminasi LED, sein adaptif, dan bezel instrumen melingkar yang menampilkan kata-kata “Berlin Built” tetapi masih sesuai dengan estetika desain asli tahun 1936.

BMW Motorrad R18 Diluncurkan
BMW Motorrad R18 diluncurkan via Youtube dan Facebook. Foto: bmw

R18 dibekali mesin boxer kapasitas besar pertama, 1.802 cc bertenaga 91 daya kuda. Komponen suspensi dikatakan sengaja sederhana, tanpa teknologi adaptif apa pun. Garpu teleskopik depan 49 mm menawarkan perjalanan 120 mm sedangkan strut penopang tengah dengan peredam dan pegas preload yang dapat disesuaikan memiliki fitur perjalanan 90 mm. Pengereman terdiri dari cakram ganda di depan dengan kaliper tetap empat piston dan satu di belakang.

Fiturnya Keyless, tiga mode berkendara: Rain, Roll dan yang lebih aneh, Rock. Model standar dilengkapi ASC (Kontrol Stabilitas Otomatis), Hill Start Control, dan assist serta slipper clutch.

BMW Motorrad R18 Diluncurkan

Kabarnya, R18 memang ditujukan untuk pasar Amerika Utara. Di sana model standar akan dipasarkan seharga Rp 333 jutaan, sementara edisi pertama yang diberi aksen garis putih klasik dan krom ditandai badge First Edition akan dipasarkan sekitar Rp 383 jutaan.

BMW Motorrad R18 Diluncurkan

R18 memang hadir untuk siap dikustomisasi, rangka belakang mudah dilepas dan titik attachment untuk rem, kopling, dan kabel harness dibuat dengan agar setang bisa dimodif jadi ape hanger misalnya. Selain itu, beragam aksesori BMW Motorrad akan tersedia. Bahkan, opsi kolaborasi dengan Roland Sands Design, Mustang Seat, dan Vance & Hines menawarkan peluang individualisasi custom. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*