BMW Motorrad R18 Concept Cruiser Bakal Menjadi Pesaing Softail dan Triumph Bobber

0
177
BMW Motorrad R18 Concept Cruiser
Custom dari pabrikan BMW Motorrad R18 Concept Cruiser akan menjadi pesaing H-D Softail. Foto: BMW

NaikMotor – Untuk pertama kalinya pabrikan Jerman menampilkan konsep cruiser telanjang. Uniknya, BMW Motorrad R18 Concept Cruiser tetap dengan mesin Boxer.

Konsep custom dari pabrikan Jerman itu sepertinya ditujukan untuk konsumen custom freak. Sebab, BMW Motorrad R18 Concept Cruiser tampil klasik seperti custom retro yang tren saat ini. Sekaligus juga untuj memenuhi minat penggemar cruiser dan custom sekaligus.

Konsep R18 bukan hanya telanjang dan memanjang, tetapi juga menampilkan kemampuan pedesain dan perekayasanya. Mulai dari sedikitnya switch hingga knalpot fishtail, detail desainnya rapi.

Edgar Heinrich, BMW Motorrad Head of Design, “Konsep bukan hanya soal kecepatan. Tetapi bagaimana mewujudkan bentuk analog di zaman digital. BMW Motorrad telah memiliki sejarah panjang akan sepeda motor ikinik dan mereka memiliki karakteristik desain yang sama. Kami percaya itu bisa diwujudkan saat ini bersama teknologi terkini.”

R18 Concept Cruiser terinspirasi dari BMW R5 1936, hanya saja dengan mesin terkini. Penampilan klasiknya diperkuat ban 21″ di depan dan ban 18″ di bagian belakang. Demikian dengan jok bermodel daun seperti BMW 1950-an.

Tangki bermodel tetes air, head cover dipoles, pinstriping hingga penggunaan ban Matzeler Rille membuat penampilan customnya menarik. Kopel terbuka, suspensi cantilever, dan throttle body terpapar menjadi rancangan custom khas BMW, ditambah dengan keunikan peletakan lampu LED di tengah garpu depan. Sepertinya BMW Motorrad tengah mencoba berhadapan dengan model Harley-Davidson Softail atau Triumph Bobber.

BMW sendiri telah menyatakan sebelumnya akan menampilkan model-model cruiser tahun ini. Paling tidak saat ini sudah terwujud model warisan dengan mesin terkini. Tetapi mesin memang dikembangkan khusus untuk keperluan itu. (Afid/nm)


LEAVE A REPLY

*