Biar Gak Gabut #dirumahaja, Ayo Belajar Periksa dan Bersihkan Busi Motor Sendiri

0
59
carbon fouling ngk

NaikMotor – Daripada diam saja dan jadi cepat bosan, motoris bisa mengecek kendaraan pribadi di rumah. Kali ini NaikMotor akan kasih tau cara periksa dan membersihkan busi motor secara mandiri ala NGK Busi Indonesia. 

Kegiatan yang bisa dilakukan pecinta otomotif terutama kendaraan roda dua ada ngebengkel sendiri di rumah. Karena jika dibandingkan dengan mobil, peralatan yang digunakan untuk memeriksa compartment kendaraan roda dua tidak sebanyak mobil.

busi motor
Pengecekan busi mobil

Untuk memeriksa dan membersihkan busi motor, alat yang dibutuhkan antara lain kunci standar untuk buka compartment, kunci busi, serta kaca pembesar untuk melihat seberapa besar kerusakan businya.

Gejala-gejala busi seperti carbon fouling, overheat, corona stain, flash over bahkan haus bisa dilihat secara jelas. Normalnya, pemakaian busi biasa akan mengalami pergerakan karbon atau tingkat keausannya tinggi, sehingga lebih baik diganti daripada dibersihkan saja.

busi motor

Bagaimana sih cara membersihkan busi motor dengan baik? Hal yang perlu diperhatikan adalah, kalau hanya membersihkan kerak kotoran yang menempel, cukup gunakan penetran pembersih kampas rem kemudian bersihkan menggunakan kain. Tidak disarankan untuk membersihkan bisi menggunakan amplas atau benda tajam lainnya, seperti sikat kawat. Sedangkan jika karbon sudah memenuhi seluruh permukaan elektroda dan insulator, maka tidak ada jalan lain selain mengganti busi lama dengan yang baru. Penggantian busi akan mengembalikan performa busi jadi seperti baru, serta menjaga keamanan dan kenyamanan berkendara. (Litha/Prob/NM) 

LEAVE A REPLY

*