Siapa Saja Tim Pabrikan Tersukses di MotoGP Selama 1 Dekade Terakhir?

0
189
tim pabrikan
Marc Marquez dari Repsol Honda Team. Foto: MotoGP

NaikMotor – Tim pabrikan maupun tim satelit mempunyai peran yang sangat penting di balik kesuksesan dan kemenangan para pembalapnya. Dalam kurun 10 tahun terakhir, tim apa saja sih yang rajin mengumpulkan gelar? 

Mengutip dari laman motoblog, MotoGP selama 2010-2019 kerap didominasi oleh tim Honda, Yamaha, Suzuki, dan Ducati. Tim pabrikan apa saja ya yang berhasil meraih paling banyak kemenangan di dekade ini?

Posisi pertama diisi oleh Honda dengan catatan 98 kali kemenangan dengan pembagian berupa: 56 kali oleh Marc Marquez, 23 kali oleh Dani Pedrosa, 15 kali oleh Casey Stoner, 3 kali dari Cal Crutchlow dan 1 kali dari Jack Miller. Tak lupa dari tim satelit, ada 3 kemenangan dari Tim LCR Lucio Cecchinello dan 1 poin lagi dari tim Marc VDS yang berhasil menjadi tim swasta di langkah teratas podium selama hampir 10 tahun ini.

Di posisi kedua ada Yamaha yang berhasil mengumpulkan 58 kali kemenangan dari balapan GP serta menyabet 2 titel juara dunia. 58 poin terbagi dari 39 dari Jorge Lorenzo, 12 Valentino Rossi, 6 Maverick Vinales, dan 1 dari Ben Spies. Selanjutnya, posisi ketiga diisi oleh Ducati dengan 21 kali menang. Peraih kemenangan untuk Ducati adalah Andrea Iannone 1 kali, Andrea Dovizioso 13 kali, 3 Jorge Lorenzo dan sisanya Danilo Petrucci. Terakhir, ada Suzuki dengan 3 kali kemenangan yang 1 poinnya dari Chris Vermeulen dan 2 lagi dari Alex Rins.

Untuk tim yang paling sering unggul secara keseluruhan, urutan 1 ditempati Honda HRC (94 kemenangan), kedua ada Yamaha Racing (58 kali), ketiga diisi oleh Ducati Corse (21 kali), keempat Suzuki Racing (3 kali), kelima LCR (3 kali), dan keenam Marc VDS (1 kali). (Litha/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

*