Pakai Helm Sendiri dan Rawat Helm Biar Terhindar dari Virus Corona ala Belajar Helm

0
112
komunitas belajar helm
Komunitas Belajar Helm di IIMS 2019. Foto: @belajarhelm

NaikMotor – Komunitas Belajar Helm bergerak untuk mengkampanyekan budaya menggunakan helm dengan tepat dan merawatnya. Belajar Helm berbagi tips, cara merawat dan menggunakan helm agar terhindar dari virus Corona. 

Belajar Helm sudah aktif sejak bulan Mei 2018, dan sebagai komunitas yang bergerak untuk mengkampanyekan budaya memakai serta mengenali jenis helm agar menaikan rasa suka terhadap alat pelindung kepala dan safety. Belajar Helm juga membagi tips bagaimana penggunaan helm dan perawatannya sebagai upaya mencegah terpapar virus Corona.

Ahmad M., salah seorang anggotanya berbagi tips tentang itu. Yuk simak tips di bawah ini!

  1. Selalu lakukan social distancing dan lakukan isolasi mandiri. Jika terpaksa keluar rumah jaga jarak dengan orang lain, hindari kerumunan, bepergianlah dengan bermotor sendiri dan gunakan helm sendiri yang terawat. Jika pakai ojek online, gunakanlah helm sendiri.
  2. Selalu lakukan perawatan helm yang dipakai sehari-hari sebaiknya dibersihkan minimal 1 minggu sekali, jika kerja Senin-Jumat, bisa dibersihkan saat akhir pekan. Dalam kondisi wabah Covid-19, bersihkan lebih sering.
  3. Untuk helm fullface (maupun half face), pastikan bagian ventilasinya dicuci hingga bersih. Kenapa? Karena bagian ventilasi rentan debu, dan kuman bisa menempel di baian vent serta inner helm , lho..
  4. Agar lebih aman dan terhindar dari debu, pengguna helm bisa menggunakan balaclava atau buff sebelum memakai helm
  5. Selanjutnya ada cara mencuci helm yang baik nih motoris.. Caranya, lepas bagian inner helm yang bisa dilepas, lalu dicuci dengan cara seperti mencuci pakaian pada umumnya, yaitu cukup direndam air dan deterjen beberapa saat lalu dikucek dan bisa.
  6. Tips selanjutnya, bagian kain inner helm jangan dicuci pakai sikat, ya! Nanti kainnya bisa brudul bahkan rusak
  7. Untuk bagian luar helm (eksteriornya) cukup cuci biasa seperti mencuci peralatan pada umumnya. Ahmad juga menyarankan untuk menggunakan deterjen cair, karena deterjen cair lebih aman untuk kain.

Belajar Helm memiliki kegiatan charity rutin yang bernama “Poles Helm Bayar Suka-Suka”. Uang yang dihasilkan dari polesan helm akan disumbangkan ke yang membutuhkan, seperti panti asuhan, sumbangan rumah ibadah dan lain-lain.

Belajar Helm kerap hadir mengikuti pameran-pameran skala besar, salah satunya adalah IIMS. Namun pada IIMS tahun ini terpaksa dibatalkan karena pandemi virus corona. Jika ingin mengetahui lebih lanjut seputar tips dan kegiatan di Belajar Helm, motoris bisa mengunjungi akun instagram mereka di @belajarhelm. Di sana mereka juga memberi tips seputar cara mencegah virus corona melalui kebersihan badan dan helm. (Litha/Prob/NM)

komunitas belajar helm
Tips mencegah penyebaran virus corona dari Belajar Helm.

LEAVE A REPLY

*