ITDC Tunjuk MGPA Menjadi Pengelola MotoGP Mandalika

0
50
ITDC Tunjuk MGPA
Petinggi Dorna saat meninjau pembangunan Sirkuit Mandalika. Foto: ITDC

NaikMotor –  Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN  pengembang dan pengelola kawasan pariwisata Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Mandalika menyerahkan pengelolaan MotoGP Mandalika kepada Mandalika Grand Prix Association (MGPA). ITDC tunjuk MGPA  sebagai pengelola dan mengoperasikan Mandalika International Street Circuit (Sirkuit Mandalika).

Pengumuman ITDC tunjuk MGPA sebagai pengelola MotoGP Mandalika dilakukan pada Kamis (14/11/2019) lalu. “Saat ini, ITDC telah menyerahkan mandat pengelolaan event MotoGP Indonesia 2021 kepada MGPA. Mandalika Grand Prix Association (MGPA) merupakan unit usaha ITDC, yang memiliki bisnis utama mengelola dan mengoperasikan Mandalika International Street Circuit (Sirkuit Mandalika) melalui penyelenggaraan balapan motor dan event entertainment kelas dunia termasuk penyelenggaraan MotoGP Indonesia Indonesia,” ujar Direktur Utama ITDC sekaligus Komisaris Utama MGPA Abdulbar M. Mansoer dalam keterangan tertulis.

Nantinya, tugas dan fungsi utama MGPA adalah penyelenggaraan event, penyediaan fasilitas pembalap, penyediaan logistik dan akomodasi, dan promosi serta penjualan tiket.  “Kami, MGPA telah dipercayakan oleh ITDC untuk mengambil alih kontrak dan tanggung jawab pelaksanaan Promotor’s Agreement antara ITDC dan Dorna Sports untuk penyelenggaraan MotoGP dan World Superbike di Sirkuit Mandalika mulai 2021 dan tahun-tahun selanjutnya. Dan saat ini kami tengah melengkapi tim MGPA dengan merekrut talenta-talenta terbaik di tanah air agar dapat sebuah tim terbaik yang mampu menyelenggarakan event balap motor berkelas dunia di Indonesia,” terang CEO MGPA Ricky Baheramsjah.

Seperti yang diumumkan oleh Dorna Sports SL (DORNA), pemegang hak siar MotoGP, melalui www.motogp.com, Sirkuit Mandalika akan menjadi salah satu lokasi tes pra-musim 2021 oleh para riders, jika MotoGP Indonesia masuk ke dalam kalender 2021. Tes pra-musim diperkirakan akan berlangsung Februari atau Maret 2021 sebelum musim 2021 dimulai.

Tes pra-musim 2021 di Lombok (Sirkuit Mandalika) dijadwalkan berlangsung selama 3 hari seperti yang diumumkan oleh DORNA dan diperkirakan akan diikuti oleh semua contracted riders, sesuai peraturan FIM World Championship Grand Prix Regulation yang mewajibkan contracted riders untuk mengikuti sejumlah tes resmi yang dijadwalkan oleh penyelenggara MotoGP. (rls/NM)

Susunan pengurus Mandalika Grand Prix Association (MGPA) yaitu
• Ketua Dewan Penasehat H. Prasetio Edi Marsudi, SH
• Ketua Steering Committee Happy Harinto
• Komisaris Utama Abdulbar M. Mansoer
• Komisaris Edwin Darmasetiawan
• Komisaris Nusantara Suyono
• Direktur Utama/CEO MGPA Ricky Baheramsjah

LEAVE A REPLY

*