Pentingnya Menoleh ke Belakang Sebelum Berkendara

0
32
Menoleh ke Belakang
Journalist Gymkhana Battle Wahana Honda. Foto: Bayu

NaikMotor – PT Wahana Makmur Sejati mengundang media unjuk kemampuan teknik berkendara dalam Journalist Gymkhana Battle di  Wahana Safety Riding Center Jatake, Tangerang pada Rabu (11/9/2019) Apa pesan di balik adu ketangkasan tersebut seperti pentingnya menoleh ke belakang.

Digawangi tim Safety Riding Promotion (SRP) acara Journalist Gymkhana Battle Wahana dibagi dalam dua sesi yakni pertanyaan quiz secara online serta praktik gymkhana menggunakan Honda CB150R serta Honda Vario 150. Pertanyaan yang diberikan seputar pengetahuan umum soal safety ridng, peraturan lalu lintas serta aktivitas Honda.

“ Kalau cermat, pertanyaan saling berkaitan, tapi dalam acara seperti ini kita ada pressure dalam menjawab. Nah, seperti halnya dalam berkendara kita dituntut harus bisa menghadapi tekanan yang ada,” papar Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion PT Wahana Makmur Sejati (WMS).

Soal gymkhana, Agus Sani juga menambahkan kalau dalam acara yang diadakan kali ini sifatnya lebih terbuka dalam aturannya. “ Kita ingin memberikan pengalaman baru dalam berkendara secara cepat, tepat dan aman. Ada beberapa modifikasi dari aturan yang kita punya namun sifatnya lebih kepada pengenaan poin. Intinya tidak meninggalkan kaidah utamanya soal keselamatan, seperti safety check, yakni selalu menengok ke belakang setiap akan mulai berkendara dan bila lupa melakukannya dikurangi 500 poin dari 1000 poin yang menjadi modal setiap peserta,” tukasnya lagi.

Soal kebiasaaan menoleh ke belakang ini, Agus Sani menjelaskan kalau setiap pengendara terlalu yakin dengan spion, padahal ada area tak terlihat atau blindspot yang membutuhkan langsung pandangan mata kita dengan cara menoleh ke belakang. “Bisa saja ada kendaraan lain di belakang atau hal yang bisa berisiko kepada keamanan kita berkendara,” pungkasnya. (Arif/nm)

LEAVE A REPLY

*